3000 Pimpinan Daerah Kumpul di Bogor, Hadiri Rakornas Indonesia Maju

3000 Pimpinan Daerah Kumpul di Bogor, Hadiri Rakornas Indonesia Maju

Babakanmadang – Kepala daerah seluruh Indonesia berkumpul di SICC, Sentul, Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Rabu (13/11/2019) untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan Pemerintah pusat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) se-Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) Tito Karnavian menjelaskan bahwa, agenda itu mengusung tema ‘Rakornas Indonesia Maju’ antara pemerintah pusat dengan daerah.

“Nanti yang hadir kurang lebih 3000, mulai dari pemerintah daerah tingkat satu tingkat dua,” katanya kepada wartawan disela-sela peninjauan lokasi yang akan digunakan, Selasa (12/11/2019).

Ia mengatakan untuk yang hadir esok diantaranya bupati, walikota, ketua DPRD dan itu tingkat kabupaten/kota, ada juga Pangdam, Dandim, Danrem, kemudian k Kajatim, Kajari, Kapolda, Kapolres se-Indonesia.

“Intinya adalah arahan dari bapak presiden para menteri dan kemudian dari KPK, BPK, penegakan hukum, TNI Kapolri yang tujuan utamanya mensinergikan dan mengsinkronisasikan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun kedepan,” jelasnya.

Dan itu tujuannya juga untuk mensinkronisasikan antara program pusat disesuaikan dengan daerah. Supaya daerah juga menyesuaikan kejar anggaran sebelum diketok di APBD.

“Mereka juga memasukkan program-program pusat seperti lima yang disebut presiden,” imbuhnya.

Dari kelima itu yang ke satu mengenai bangunan sumber daya manusia, kesehatan, pendidikan, untuk kedua bangunan infrastruktur, ketiga penyegaran regulasi, keempat adalah reformasi birokrasi dan terakhir transformasi ekonomi.

“Dan nanti penjabaran banyak sekali oleh Menteri Menko, itu nanti diharapkan bisa dimasukkan dalam program daerah membangun membuat dasar kebutuhan khas masing-masing,” ucapnya.

Asep Saprudin