Air Terjun Curug Putri, Pesona Alam Seelok Namanya

Air Terjun Curug Putri, Pesona Alam Seelok Namanya

TAMANSARI|fajarbogor.com- Air terjun Curug Putri Pelangi menguak misteri indahnya semesta Gunung Salak yang di balut kabut menutupi rindangnya pepohonan. Lalu iklim tropis amat berasa dibalik hembusan udara dingin menyentuh tubuh.

Dibalik curah air terjun yang deras, puluhan orang tengah asik bermain dengan genangan air dalam kubangan. Mereka nampak ceria menikmati suasana pegunungan.

"Airnya dingin banget, tapi nyenengin bersih buat berenang nih,"ujar Rani salah seorang wisatawan yang tengah asik bermain dengan air di kawasan air terjun Putri Pelangi, Kamis (27/12).

Bukan saja Rani pengunjung dari Tangerang, Dandi, juga wisatawan asal Tasik mengaku sangat menikmati suguhan alam di kawasan Curug Putri Pelangi yang berlokasi di Gunung Salak, blok Cempaka, Desa Tanjungsari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

"Sekitar 13 orang, dan tahu lokasi adanya Curug pelangi di gunung salak ini melalui teman. Jadi betah dan ingin berkunjung lagi kesini, habisnya pemandangan indah. Pantas saja namanya Curug Putri Pelangi, alamnya indah seperti nama tempatnya,"cetusnya.

Sementara, Fadil, tokoh pemuda setempat mengatakan, semenjak lokasi air terjun itu dibuka delapan bulan lalu menjadi tempat wisata. Diakuinya, banyak orang berdatangan. Bukan saja warga Bogor, tapi juga pengunjung diluar Bogor.

"Dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan. Tentunya amat membantu kami dalam mendapatkan rezeki. Kami berharap kedepannya pemerintah mau menata kawasan wisata ini,"harapnya.

Sebab, lanjut dia, pengelolaan aset wisata itu dilakukan oleh masyarakat setempat yang bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan. Sehingga pengunjung yang datang kelokasi air terjun dikenakan tarif untuk tiket masuk.

"Hasil dari masyarakat buat masyarakat. Alhamdulilah, antusias masyarakat kampung Pangkalan sangat bagus,"terangnya.

Icang pengelola tempat menambahkan, fasilitas yang tersedia bagi pengunjung saat ini seadanya. Fasilitas  tersebut diantaranya, lokasi parkiran kendraan bermotor, home stay, tenda camping, mushola,kamar mandi, kantin dan taman selfie.

"Dan kami disini berjalan mengelola Wisata Curug putri pelangi baru delapan bulan. Tapi Alhamdulilah, pengunjungnya udah banyak dari mana-mana, seperti ada dari Tasik,Tangerang,Banten,Karawang dan juga dari wilayah bogor sekitar,banyaknya pengunjung dihari libur lumayan nyampai sekitar 100-300 orang,"tutupnya.

Egi Firmansyah|Asp