Antisipasi Era Revolusi 4.0, Disdik Jabar Gelar Kegiatan Kompetensi Tikomdik Bagi Guru SMK

Antisipasi Era Revolusi 4.0, Disdik Jabar Gelar Kegiatan Kompetensi Tikomdik Bagi Guru SMK

 

BANDUNG - Kegiatan bimbingan dan pelatihan teknis bagi guru dan tenaga kependidikan (GTK) SMK Negeri di Jawa Barat (Jabar) Bidang/Kompetensi Keahlian Teknologi Informasi (Tikomdik), Disdik Jabar.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Senin-Rabu (25 - 27/11/2019) di Grand Hotel, Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), dibuka secara langsung oleh Kepala Disdik Jabar Dewi Sartika.

Menurutnya kegiatan ini diselenggarakan guna mengantisipasi era revolusi 4.0 dengan menitik beratkan pada kompetensi atau keahlian setiap guru dan penyelenggara pendidikan harus menguasai tentang bagamana cara mengaplisikan teknologi informasi. Sehingga lanjutnya, dengan sarana dan prasarana yang ada, kapasitasnya dapat ditingkatkan, jelas Kadisdik.

Dewi berharap dengan diselenggarakannya workshop ini, para guru dan penyelenggara pendidikan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan serta inspirasi terhadap layanan teknologi informasi bagi siswa-siswi di sekolah masing-masing, tegasnya.

"Ya harus diberikan kenyamanan kepada anak didik, sehingga betah dan mereka mau belajar," ujar Kadisdik, Senin (25/11/2019).

Kemudian disinggung mengenai dampak penggunaan 'gadget' bagi kalangan pelajar. Kadisdik Jabar, mengatakan pihak penyelengara pendidikan harus tetap dapat membatasi dalam arti sisi positif penggunaannya.

Misalnya hal apa yang harus anak didik gunakan atau ada hal yang memang belum saatnya digunakan, imbuh Dewi.

"Jadi manfaatkanlah gadget itu dengan sebaik mungkin,"ucap Dewi.

Sementara itu keterangan dari pihak penyelenggara bidang GTK Disdik Jabar menambahkan, bahwa kegiatan ini diseleggarakan selama tiga hari. Materi yang disampaikan untuk 100 orang peserta (GTK-red) dapat disampaikan secara full atau dari pagi hingga malam.

Rony