Aren Mixed Ice Bang Juff Dan Kopi Gayo, Kuliner Aren Bogor

Aren Mixed Ice Bang Juff Dan Kopi Gayo, Kuliner Aren Bogor
Aren Mixed Ice Bang Juff Dan Kopi Gayo, Kuliner Aren Bogor

Stimulasi ekonomi dimasa pandemi Covid-19, peran pemerintah dan semangat pengusaha kecil dan menengah untuk tetap exist merupakan suatu hal yang harus dibuktikan dilapangan usaha.

Salah satunya adalah dengan dibukanya Aren Mixed Ice Bang Juff di Ruko Millenium Tanah Baru, Bogor Utara dekat kampus Politeknik  AKA yaitu menggabungkan antara industri gula aren dan sejenis cafe meskipun lebih ke arah warung kopi aren dan kuliner based gula aren dan turunan produk gula aren dalam bentuk cair, bubuk dan padat.

Penggabungan industri dan warung hasil proses produksi merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menggiatkan perputaran pendapatan harian industri kecil dan menengah dalam mendukung komoditi bidang pangan dimana langsung bersentuhan dengan konsumen atau end user.

Hal tersebut diatas, menjawab tantangan situasi darurat ekonomi dari hulu ke hilir, dari pedesaan sampai perkotaan, dari produsen kepada konsumen.

Gula Aren Silva Arenga, Gula Aren Cetak Cap Musang dan Gula Aren Cair Cap 99 merupakan produk gula aren yang berasal dari bahan baku gula semut dari masyarakat petani aren yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya di kaki Gunung Halimun Jawa Barat.

Keaslian dan kemurnian gula aren yang dihasilkan oleh petani aren dan industri gula aren LP5MP di Bogor merupakan jaminan keamanan pangan yang dibuktikan dengan sertifikasi organik, ijin edar PIRT dan BPOM, sertifikat halal MUI, dasn terakhir mengikuti kursus pendek FSANZ (Food Standard Australia New Zealand) dalam skema kerjasama IA CEPA (Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement).

Khasiat gula aren produksi LP5MP baik untuk penderita diabetes berdasarkan percobaan sendiri yang dilakukan oleh Bang Juff atau panggilan Ir. Jufrizal sebagai pengusaha gula aren sejak tahun 2011 berkecimpng dalam proses produksi dan bisnis gula aren.

Dalam penelitian yang diklarifikasi oleh Universitas Sudirman Purwokerto, dimana penelitian dibiayai oleh 5 mahasiswa Universitas Prasetya Mulya Cilandak Jakarta Selatan, yang mana kelima mahasiswa tersebut membuat permohonan untuk belajar mengenai gula aren dan prospek bisnis dimasa yang akan datang.

Penelitian tersebut memberikan kesimpulan bahwa gula aren memang cocok untuk penderita diabetes dan program diet karena mempunyai angka glikemik rendah sekitar diangka 20-30 an.

Bang Juff sebagai wahana pengenalan minuman, makanan dan kuliner berbasis gula aren di Kota Bogor, bersentuhan dengan konsumen langsung. Wahana keilmuan dan informasi pohon aren sebagai pohon yang menghasilkan air nira aren untuk diproses oleh petani aren menjadi bahan baku gula semut dan gula cetak untuk menghasilkan produk gula aren kemasan dalam berbagai bentuk menjadi gula aren dengan kualitas terbaik.

Mari, mampir di Aren Mixed Ice Bang Juff di Tanah Baru, Kota Bogor, berdekatan dengan pintu tol keluar Tanah Baru, di Ruko Millenium Tanah Baru.

Anda bisa menikmati langsung berbagai kuliner makanan dan minuman berbahan dasar gula aren pasti anda akan ketagihan.

 

Penulis : Ir. Jufrizal