Awas, Main Mata Bisa Kena Pidana, Panwas  Mulai Rekrut Pengawas 7635 TPS,

Awas, Main Mata Bisa Kena Pidana, Panwas  Mulai Rekrut Pengawas 7635  TPS,

BABAKANMADANG  | fajarbogor.com- Jelang pencoblosan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan di helat bulan depan, 27 Juni 2018. Panwaslu Kabupaten Bogor menggelar rapat koordinasi (Rakoor)  pembentukan Rekrutmen  Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS) atau Pengawas Tingkat TPS di Hotel  Olympic Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, pada Selasa  22 Mei 2018.

Di katakan Ridwan Arifin Ketua Panwas Kabupaten Bogor mengatakan, tujuan pembentukan PTPS guna mengawasi penyelenggaran Pemilukada 2018. Nantinya, lanjut dia, masing - masing TPS itu ada satu Pengawas yang tersebar di 7.635 TPS yang ada di Kabupaten Bogor.

"Pengawas TPS ini nantinya bekerja selama satu bulan mulai dari H min 23 sebelum pelaksanaan Pilkada dan H plus 7 Setelah pelaksaana pilkada. Dan Untuk syarat  Pengawas TPS ini selain beusia 18 atau 25 tahun, juga bukan dari salah satu anggota partai atau salah satu timses dari paslon,"kata Ridwan, Selasa 22 Mei 2018.

Ia menjelaskan, peserta yang hadir dalam rakor masing-masing perwakilan Panwas kecamatan, bertujuan menyatukan persepsi dalam pembentukan rekrutmen PTPS. Dalam kesempatan itu turut hadir Bawaslu Provinsi Jabar.

"Timline atau urutan waktu disampaikan dalam rakoor,  "tegasnya.

Kemudian, kata dia, tahapan pembentukan PTPS itu dimulai dari tanggal 31 Pengumpulan berkas, tanggal 1 Juni mulai melakukan tes wawancara, 2 Juni penguman hasil tes wawancara dan 3 Juni itu pelantikan.

"Saya berharap pengwas TPS ini bisa bekerja sesuai SOP dan bertanggung jawab mejungjung tinggi nertalitas jangan ada keberpihakan. Jika ada maen mata dan itu terbukti acaman pidana menanti," pungkasnya. Reporter : Akhtar Rendra