Banjir Sering Mengancam Warga Cikalong, TPT Pun Dibangun

Banjir Sering Mengancam Warga Cikalong, TPT Pun Dibangun

Cigudeg, Fajarbogor.com-- Warga Kampung Cikalaong RT 01, RW 03 Desa Mekar Jaya, Kecamatan Cigudeg. Nampaknya saat ini tak perlu waswas. Musababnya aliran sungai Cikalong yang biasa meluap ke pemukiman warga saat turun hujan kini telah dibangun Tembok Penahan Tebing (TPT) yang juga untuk menahan lupan air itu.

 

 

"Alhamdullilah sudah dibangun TPT warga disini gak was was lagi kalau turun hujan banyak,"kata Oom salah seorang warga yang rumahnya tak jauh dari aliran sungai itu. Minggu (27/5/2018).

 

 

Oom menceritakan ketika turun hujan air sungai itu meluap merendam pemukiman warga hinga 1,5 meter.

 

"Terpaksa harus mengungsi ke rumah tetangga dan saudara yang tidak terkena banjir," terangnya.

 

 

Sekertari desa ( Sekdes) Mekar Jaya Suganta mengatakan, pembangunan TPT itu hal yang harus segera dilaksanakan mengingat ketika air sungai meluap bisa mengancap keselamatan warga.

 

 

"Alhamdullilah DD Tahap pertama tahun 2018 ini sudah ada dan kita kerjakan TPT ini dsepanjang 200x 3,5 meter itu pun secara berkala. tahap awal kami bangun sepanjang 50 meter dengan anggaran Rp 245 juta rupiah," pungkasnya.

 

Dari pantauan dilapamha pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut sudah berjalan dari 8 hari ditargetkan selama 30 hari sudah beres.

 

Reporter Arif Ekon