BumDes Sukaraksa Louncing Tempat Wisata River Tubing Papalidan

BumDes Sukaraksa Louncing  Tempat Wisata River Tubing Papalidan

Bogor- Wilayah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memiliki ragam destinasi wisata yang banyak menyedot minat pengunjung. Aset itu pun menggunggah semua desa di kecamatan tersebut, untuk menggali potensi wisata dengan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Salah satunya ialah BumDes Sukaraksa, yang fokus mengelola sumber daya alam (SDA) dengan memanfaatkan potensi wisata aliran deras Sungai Cidurian yang disulap menjadi wahana Wisata River Tubing Papalidan yang dilouncingkan, Sabtu (28/12/2019).

Kegiatan louncing yang diselenggarakan dilokasi tempat wisata River Tubing Papalida Sungai Cidurian itu dihadiri oleh Kades Sukaraksa yang diwakili Rudi, Ketua BPD Jueni, Dirut Bumdes M. Reza beserta Staf Bumdes dan para tamu undangan, turut hadir mantan PJS Kades Sukaraksa Aji Setiaji.

Mewakili Kades setempat, Rudi menyampaikan bahwa, Pemerintah Desa Sukaraksa sangat mengapresiasi dengan dibukanya tempat wisata produk BUMDes. Kedepan, harapnya, wahana wisata itu akan jadi lokasi rekreasi kebanggan warga.

"Kami berharap modal yang diberikan dari Dana Desa (DD) Sukaraksa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik dan benar, sehingga dapat menghasilkan keuntungan dan menjadikan Desa Sukaraksa yang maju dan mandiri,"harap Rudi didepan peserta.

Senada dikatakan Jueni, Ketua BPD Sukaraskan yang mengatakan bahwa, BumDes harus bisa sukses mengelola permodalan yang bersumber dari DD. Sehingga cita-cita pemerintah pusat yang ingin mewujudkan desa menuju kota terwujud

. Dia pun mengingatkan agar pengelola tempat wisata untuk intensif melakukan pengawasan. Hal itu, kata dia, untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam mau pun lainya dimusim hujan sekarang.

"Kita harus tanggap bencana, koordinasi dan komunikasi harus aktif dengan pihak Desa. Saya juga mengingatkan terhadap pengelola wisata ini, Harus ada yang kontroling dari hulu agar ketika air besar segera kordinasi agar terhindar dari bencana,"kata Jueni yang juga budayawan sunda ini.

Sementara itu mantan Pjs Kades Sukaraksa Aji Setiaji menuturkan bahwa hadiranya BUMdes di Sukaraksa ini menjadi salah satu keberhasilan selama setahun dia menjabat sebagai Pjs Kades Sukaraksa.

"Semoga ini menjadi gerbang terdepan untuk kemajuan Desa Sukaraksa, sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat lebih baik dan maju,"pungkasnya.

Reporter: Dian Pribadi

Editor     : Asep Saprudin