Bupati Bogor Ade Yasin, Kumpulkan 1064 Cakades Agar Komit Jaga Kondusifitas Pilkades 2019

Bupati Bogor Ade Yasin, Kumpulkan 1064 Cakades Agar Komit Jaga Kondusifitas Pilkades 2019

(Foto/Ist: Ade Yasin ditengah kerumunan saat deklarasi damai jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, periode 2019-2024, Jokowi- Mar"uf Amin)

Cibinong- Sebangak 1064 Calon Kepala Desa (Cakades) akan bersaing merebut simpatik masyarakat untuk menempati kursi jabatan kades di 273 desa di Kabupaten Bogor melalui Pilkades serentak 3 November 2019, bulan depan.

Agar proses pelaksanaan pilkades aman, Bupati Bogor Ade Yasin akan mengumpulkan semua Cakades di Cibinong pada Selasa (22/10/2019, hari ini, red).

"Sebelum pemilihan saya akan kumpulkan seluruh Cakades tersebut pada 22 Oktober nanti,” ujar Bupati Bogor, kepada wartawan, Sabtu (20/10/2019) kemarin.

Di lanjutkannya, dengan dikumpulkanya semua  Cakades tersebut bertujuan untuk membuat komitmen bersama. Agar perhelatan hajatan demokrasi enam tahun sejali terjaga iklim kondusifitasnya, sebelum dan sesudah Pilkades.

"Acara pertemuan dengan Cakades untu saya ambil komitmen dalam menjaga keamanan wilayah jelang pilkades mau pun sesudahnya,"lanjut Ade Yasin yang juga menjabat Ketua DPW PPP Jawa Barat.

Ditambahkannya, dari 273 desa yang bakal menyelenggarakan pilkades, dari total 430 desa di 39 kecamatan dari keseluruhan 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, akan segera memiliki kades baru setelah pilkades mendatang.

“Ada 273 Desa yang akan menghelat pilkades dari total 430 Desa dan Kelurahan yang ada se-Kabupaten Bogor. Saya harapkan pesta demokrasi itu dapat berjalan aman serta kondusif tanpa ada konflik sedikit,” harapnya.

Dirinya juga mengimbau, bagi cakades yang tak akan terpilih nanti diharapkan dapat menerima dengan besar hati.

“Maupun sebaliknya, bagi Cakades terpilih saya minta agar perayaan kemenangannya itu jangan terlalu berlebihan,”imbuhnya.

Terpisah, Kapolsek Ciawi Kompol Sahroni menambahkan, siap mengamankan berjalannya Pilkades di 6 desa di wilayah Kecamatan Ciawi.

"Mari sama-sama kita pertahankan dan dijaga, Jangan sampai nanti ada pihak-pihak lain atau ada oknum dari luar yang dapat merusak kondusifitas,"tambahnya seusai menghadiri penetapan nomor urut ke lima Cakades Citapen.

Senada juga dikatakan Peltu Edi Rasbani, Babinsa Desa Citapen yang mewakili Danramil, Pihaknya mengajak dan menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat terutama kepada para Calon, Timses dan pendukungnya.

“Kami berharap aman dan damai saat kampanye dan aman setelah pelaksanaan Pilkades, Siapapun yang nantinya terpilih harus kita dukung bersama-sama karena semuanya adalah warga Citapen,” singkatnya penuh harap.(*)

 Asep Saprudin