Cuma Ada di Desa Bantarsari, Suami Dan Istri Bersaing di Pilkades

Cuma Ada di Desa Bantarsari, Suami Dan Istri Bersaing  di Pilkades

Rancabungur- 273 desa di Kabupaten Bogor telah melangsungkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Minggu (3/11/2019). Uniknya berbeda dengan kandidat lain terdapat di Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor.

Musabab keunikan tersebut, pasangan suami istri (pasutri) berkompetisi bersaing diatas panggung politik pilkades. Ialah Cakades Lukmanul Hakim nomor urut 1 dan istrinya Silfiyani Cakades nomor Urut 2 yang maju untuk merebut kursi jabatan Kades Bantarsari.

Mereka pun duduk bersebelahan diatas panggung yang disediakan oleh panitia pilkades. Meskipun Pasutri, masing-masing peserta kontestasi Pilkades Bantarsari nampak serius memperhatikan warga yang datang hendak mencoblos.

Lukmanul Hakim saat dihampiri mengungkapkan bahwa, meskipun lawan politiknya adalah istrinya, namun untuk persaingan dalam demokrasi tidak ada istilah kedekatan. Kendati demikian, cara yang dugunakan lebih elegan.

Ia pun menyebutkan, konsep panggung pilkades yang didekorasi menyerupai tempat pelaminan, merupakan gagasan panitia pilkades. Sebab, sambungnya, di desa itu cuma terdapat dua kandidat, yakni dirinya yang bersaing dengan istrinya. Maka jangan heran kalau pilkades didesa itu bernuansa lebih ke tempat pelaminan pernikahan.

"Mungkin panitia ingin menghadirkan konsep Pilkades yang berbeda dari desa lainnya, sebelum pelaksanaan tadi pagi pukul 06: 00 WIB, terlebih dahulu diadakan kirab budaya,"jelasnya.

Acara itu, kata dia, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang nilai nilai kearifan budaya lokal. Juga untuk memberi pencerahan dalam melaksanakan sistem demokrasi tergagas. Sehingga, mereka sadar jika berdemokrasi pun harus berbudaya.

"Tujuanya agar masyarakat mengetahui seni budaya indonesia terutama seni sunda. Dan sekalian memberikan edukasi cara berdemokrasi yang benar, alhamdulillah antusias warga sangat membludak untuk hadir ke TPS,"katanya.

Sementara itu, suasana kekeluargaan amat kental terasa dalam Pilkades Bantarsari. Warga yang sudah mencoblos di TPS kebanyakan meminta berpose bareng dengan kedua Cakades.

Salah satunya Imas seorang warga yang kelihatan tidak sungkan saat meminta Pasutri yang juga Cakades untuk berforo bareng. Ya, sepintas kedua kontestan itu mirip sepasang pengantin yang baru saja memadu kasih dipelaminan.

"Walau pun bersaing disini, sudah pasti akan ketemu diranjang. Jadi enak enggak kayak calon-calon di desa lain. Mungkin pilkades disini, pilkades jalinan kasih,"selorohnya sambil tertawa.

Namun demikian, warga terlihat antusias dengan berbondong-bondong mendatangi TPS. Bahkan sebagian warga mengaku jika kehadiran mereka, juga tertarik oleh konsep bernilai ke Sundaan yang dihadirkan oleh panitia.

Ceps Akhtar