Curug Cikaracak Syurga wisata Cinagara Bogor

Curug Cikaracak Syurga wisata Cinagara Bogor

Curug Cikaracak yang terletak di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor atau berjarak sekitar 20km dari Ciawi.
Untuk menuju ke lokasi Curug Cikaracak dari arah Jakarta melalui jalan raya Ciawi-Sukabumi masuk melalui Jalan Cinagara, Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.
Saya bersama dengan kawan traveling saya berkesempatan mengunjungi destinasi alam di kaki Gunung Gede Pangrango tersebut.
Sambil menikmati pemandangan yang indah dan destinasi wisata yang luar biasa Curug Cikaracak dikelilingi dua bukit Pinus yang membuat pemandangan sekitar Curug terlihat begitu menakjubkan. Selain mendengar gemericik airnya yang masih asri dan airnya yang masih jernih begitu menyegarkan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan lain seperti sawah dan kebun sebagai tambahannya.
Menurut pengunjung lain yang sempat saya temui di lokasi Curug Cikaracak Yang sedang menikmati indahnya Cikaracak WaterFall bersama kawan-kawanya Mba Yuli menyampaikan kekagumanya sambil menikmati keindahan alam di Curug tersebut dengan nada yang puas begini tanggapannya tentang Curug tersebut, “Suasanya masih sangat alami Mas Mantap buat refreshing cuman akses jalanya saja dan infrastruktur  banyak yang belum memadai? Saya sarankan kepada pengelola agar lebih di perbaiki lagi sarana dan prasarana di sekitar Curug ini karena masih sangat membahayakan untuk membawa anak-anak ataupun balita menuju ke lokasi Curug  dengan kondisi jalan yang masih sangat terjal, licin dan banyak menyebrangi sungai, menaiki batu-batu yang lumayan tinggi. 
Untuk tempat parkirnya sendiri masih numpang di rumah-rumah warga karena memang belum adanya tempat parkiran yang nyaman dan aman.”begitu tanggapan salah satu pengungjung di lokasi wisata tersebut.
Biaya parkir plus masuk ke lokasi Curug Cikaracak sekitar Rp. 15000 rupiah sudah termasuk bayar parkir.
Saran saya pergi ke curug ini saat hari kerja di samping lumayan sepi juga kadang masih adanya pungli di lokasi tempat wisata tersebut. Dan untuk yang membawa kendaraan roda empat mungkin sedikit kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir dikarenakan ke curug ini karena akses jalan nya yang kecil dan tidak ada lahan parkir untuk kendaraan roda empat.
Jadi lebih baik menggunakan motor Akses jalan lebih memadai menjadikan ke akses Curug lebih mudah dan nyaman.

Bogor punya banyak curug asyik untuk tempat liburan salah satunya yang bisa anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat patut dikunjungi yaitu Curug Cikaracak, yang juga bisa jadi lokasi uji adrenalin.
Pilihan destinasi wisata terkenal di Bogor seperti wisata istana, taman, kebun, museum, gunung, lintas alam, dan tentunya air terjun (curug). 
Kota Bogor yang diapit oleh tiga gunung, tentunya memiliki banyak destinasi wisata alam mulai dari outbond sampai curug.
Bagi yang mau kesana,sebelum ke curug harus banyak bertanya dulu ke warga setempat karena curug ini belum bisa ke baca di google maps.
Lokasi ini bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua sampai Dusun Cibeling hanya disarankan agar lebih berhati-hati karena jalan yang tidak terlalu besar .
Jika melalui Ciawi, arahkan mobil ke Sukabumi sampai Cisempur terpampang plang Curug Cikaracak belok kiri dan ikuti saja jalan tersebut.
Curug Cikaracak sangat cocok bagi anda yang menyukai tracking ataupun yang suka berpetualang.

Kondisi jalan cukup baik dengan medan yang sudah beraspal. Sampai dusun Cibeling, dilanjutkan dengan tracking kurang lebih 2.5 km. Curug Cikaracak sangat cocok bagi anda yang menyukai trekking ataupun yang suka berpetualang.
Selamat menikmati wisata Curug Cikaracak Bogor Jawa Barat Indonesia.

Surip Santoso