Desa Tajur Halang Di Kenal Penghasil Talas Bogor, Kedepan Bahan Tenun Daun Nanas Akan Menjadi Ikon

Desa Tajur Halang Di Kenal Penghasil Talas Bogor, Kedepan Bahan Tenun Daun Nanas Akan Menjadi Ikon

Cijeruk -Wilayah Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, berada dikawasan kaki Gunung Salak yang lahannya dikenal subur. Talas Bogor dan Nanas menjadi bagian komoditi hasil bumi yang sohor kerap menjadi tanaman unggulan para petani diwilayah tersebut, termasuk di Desa Tajur Halang.

"Keunggulan serta keunikan Desa Tajur Halang saat ini ialah dengan hasil pertaniannya yaitu Talas Bogor dan Nanas yang cukup dikenal masyarakat,"jelas Diding Sulaeman tokoh masyarakat Desa Tajur Halang, kemarin.

Diding sapaannya melanjutkan, kedua komiditi itu menjadi bagian dari ikon sumber potensi pertanian yang dikelola. Selain itu, sektor peternakan menjadi penunjang perekonomian bagi masyarakat.

"Saat ini yang menonjol ialah ternak sapi merah. Alhamdulillah, tahun kemarin juara ke dua tingkat provinsi Jawa Barat, dengan kelompok tani Kania satu dan Kania 2," lanjut Diding yang sempat menjabat kades Tajur Halang dua periode selama 12 tahun.

Tidak berhenti disitu saja, tambahnya, untuk menggenjot pendapatan asli daerah segala sektor pun dikelola, termasuk dilini perikanan Lele. Melalui pemberdayaan masyarakat dengan kelompok tani perikanan.

"Saat ini sudah berkembang dengan kelompok tani Maju. Selain pembenihan petani lele juga melakukan pembesaran untuk konsumsi,"tambahnya.

Bahkan kedepannya, kata dia, akan dilakukan pemanfaatan daun nanas untuk dijadikan bahan tenunan. Sehingga hal itu dapat memicu ekonomi kreatif masyarakat dalam mejudkan kesejahteraan yang setara.

"Nantinya hasil tenunannya akan menjadia salah satu khas Desa Tajur Halang. Sehingga kedepan desa ini akan mewujudkan ekonomi mandiri berbasis potensi sumber daya alam, baik pertanian, peternakan maupun perikanan,"tukas Diding yang kembali maju menjadi Calon Kades Pethana Tajur Halang di Pilkades bulan depan.

Dijelaskannya, semua potensi yang dikelola akan diselaraskan dengan program pemerintah pusat mau pun daerah. Sehingga hal itu akan berorientasi terwujudnya pembangunan Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

"Insya Allah selagi usaha, berupaya dan tekad serta kerjasama dengan masyarakat akan terwujud,"tukasnya.

Baron/Asp