Dianggap Rugikan Buruh, PMII Bogor Gelar Unras Menolak UU Cipta Kerja

Dianggap Rugikan Buruh, PMII Bogor  Gelar Unras Menolak UU Cipta Kerja

Bogor- Di anggap merugikan kaum buruh, massa Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PMII) dibeberapa daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Provinsi Banten, menggelar aksi unjuk rasa (Unras) menolak Undang-Undang (UU) Cipta Karja yang baru saja disahkan.

Hal itu diungkapkan Puji Santoso, Kordinator Lapangan Aks Unras PMII di Kabupaten Bogor, mengungkapkan bahwa, puluhan pendemo dari kalangan buruh pabrik itu dengan titik kumpul dua lokasi, kawasan industri Nanggewer dan Sentul. Mereka pun melakukan long marc menuju komplek Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jabar.

"Selain di Kota/Kabupaten Bogor, juga PMII di dua Provinsi Jabar dan Banten yakni seperti Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Purwarkarta, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Karawang. Hari ini serentak menggelar aksi Unras menolak UU Cipta Kerja,"tegas Koordinator Lapangan Aksi Demontrasi Puji Santoso menyampaikan kepada wartawan dilokasi aksi Unras, Selasa (6/10/2020).

Aksi Unras yang menyoroti beberapa poin UU Cipta Kerja yang dinilai PMII tidak menguntungkan kaum buruh, dengan tegas, Dia meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mencabutnya. Dia pun menyampaikan pointer-pointer UU yang tengah disorot antara lain.

"Penghapusan hak cuti, penghapusan pesanggon, kontrak tanpa batas hingga sistem pengupahan.Lebih baik pemerintah pusat menyempurnakan UU Ketenaga Kerjaan nomor 13 tahun 2003,"imbuhnya. (*)

Editor : Asep Saprudin