Dilanda Krisis, Seribu Lebih Warga Pangkaljaya Mengantri Untuk Air Bersih

Dilanda Krisis, Seribu Lebih Warga Pangkaljaya Mengantri Untuk Air Bersih

Bogor- Seribu lebih warga Desa Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor harus rela mengantri dan berebut guna mendapat air bersih pasokan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Kepala Desa (Kades) Pangkaljaya, Taufik Sumarna menjelaskan, selama musim berkepanjangan sekarang warga pun dilanda krisis air bersih.

" Kisaran 1250 ribu orang mengantri untuk menerima bantuan air bersih dari BPBD." Jelas Taufik Kepada fajarbogor.com, Selasa (6/8) diruang kerjanya.

Dilanjutkannya, untuk pendistribusian air bersih itu belum menyeluruh kepelosok perkampungan didesanya. Lantaran sambung dia, jalannya sulit dijangkau oleh armada pengangkut air dari BPBD.

" Semua masih kami usahakan agar kebutuhan warga untuk mendapatkan air bersih bisa terealisasi," lanjutnya.

Ditambahkannya, pendistribusian air bersih bagi warga itu berlangsung selama dua berturut-turut. Karena rata-rata sumur warga mengalami kekeringan. Begitu juga dengan area pesawahan yang mengering.

" Bahkan sebagian warganya harus pergi ke desa tetangga untuk mendapatkan pasokan air bersih."tambah Taufik.

Kasie Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat (PKM) Kecamatan Nanggung, Ida Nurhidayati, membenarkan bahwa akibat dilanda kekeringan musim kemarau desa pangkaljaya mulai mengalami kerisis air bersih.

"Dari 11 desa du wilayah Nanggung bahwa pangkaljaya yang baru mendaptarkan bantuan pasokan air dari BPBD. Sedangkan untuk desa lain lainya, dalam kondisi aman." pungkas Ida.

Arip Ekon