Hafal Al Qur'an, 36 Bocah Ponpes As Salam Riyadhul Jannah Di Wisuda

Hafal Al Qur'an, 36 Bocah Ponpes As Salam Riyadhul Jannah Di Wisuda

PARUNG I fajarbogor.com- Sebanyak 36 anak didik di Ponpes As Salam  Riyadhul Janah, Parung, Kabupaten Bogor, mengikuti wisuda. Para santri yang masih bocah itu di nyatakan lulus dan tahfidz Al-Qur'an

“Bapak-bapak Ibu-Ibu, As-Salam Riyadhul Jannah ini pondok biasa. Tapi siapa yang menyangka, di balik sesuatu yang biasa ini ada anak-anak kita  yang siap jadi calon penghuni surga. Bahkan merekalah yang akan menghantarkan kita menuju surga Allah. Itu berkah mereka dididik menjadi penghafal al-Qur`an di pondok ini,” ujar Muhammad Supriadi, pendiri Pondok Pesantren As-Salam Riyadhul Jannah ketika menyampaikan sambutan saat wisuda 36 huffazh.

Supriadi juga mengatakan, Pondok Pesantren As-Salam Riyadhul Jannah sangat fokus mencetak para penghafal al-Qur`an sejak dini. Selama dua puluh empat jam, suasana pesantren dikondisikan untuk menghafal al-Qur`an. Terlepas dari itu, pendidikan formal dari mulai tingkatan Sekolah Dasar sampai SMK juga disiapkan.

“Mereka bisa menghafal al-Qur`an, sementara pendidikan formal di sekolahnya pun kita perhatikan,” sambungnya. 

H. Ahmad Jaelani Aziz (47) pengasuh harian pondok pesantren As-Salam Riyadhul Jannah mengutarakan, ada 36 santri yang tahun ini diwisuda oleh pesantren.

“Dari yang telah hafal lima juz sebanyak lima orang santri, sepuluh juz lima orang santri, dan juz 30 sebanyak 26 santri. Kebanyakan mereka masih usia SD. Kita targetkan usai lulus dari sini, mereka hafal 30 juz,” ujar Jaelani.

Selain konsen mencetak para penghafal al-Qur`an atau huffazh, As-Salam juga tidak melupakan pelajaran-pelajaran kepesantrenan lainnya. Seperti tafsir, hadis, nahwu, shorof, bahkan Bahasa Arab dan Inggris.

Jaelani berharap, di tengah derasnya arus globalisasi milenial yang berpotensi mengancam generasi  muda, muncul generasi -generasi Rabbani yang mampu menghafalkan dan mengamalkan al-Qur`an.

“Ini yang kita perjuangkan dan akan terus kita perjuangkan di As-Salam Riyadhul Jannah,” pungkasnya.  

Reporter: Arif E.