Intensitas Hujan Tinggi, Atap SDN 05 Neglarasi Dramaga Ambruk

Intensitas Hujan Tinggi, Atap SDN 05 Neglarasi Dramaga  Ambruk

 

DRAMAGA | fajarbogor.com- Curah hujan yang tinggi menyebabkan atap Gedung SDN Neglasari 05 di RT 02, RW 05, Desa Neglasari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, romboh sekitar pukul 03:00 WIb. Jumat (25/01/2019).


Diduga robohnya tiga ruang kelas dan satu ruang guru di sebabkan kontruksi baja ringgan sekolah yang tidak kuat ketika menahan curah hujan yang tinggi.

Sehingga proses belajar mengajar siswa terpaksa di liburkan oleh pihak sekolah sampai Senin (28/1).


Plt Kepala Sekolah SDN Neglasari 05,
Mirta mengungkapkan, atap sekolah yang merobohkan empat ruang sekolah terjadi sekitar pukul 03:00 WIB, diduga akibat tidak kuatnya baja ringgan menahan curah hujan yang tinggi.


Dikhwatirkan membahayakan siswa, pihak sekolah bersama komite sekolah sepakat meliburkan siswa dan proses belajar mengajar efektif lagi pada Senin (28/1).


"Empat ruang kelas roboh yakni
Kelas 1, Kelas 2, Kelas 5 dan ruang guru," ujar Mirta, fajarbogor.com, Jumat (25/01/2019).


Pasca empat ruang roboh, sambung Mirta. Pihak sekolah sudah melaporkan kejadian tersebut ke Muspika Kecamatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.  


Dari Dinas Pendidikan bersama Camat dan Kepala desa sudah menijau ke lokasi. Di Musrembang Tingkat Kecamatan, pihak sekolah juga sudah mengusulkan agar SDN Neglasari 05 di bangun dua lantai.


"Rencannya Sabtu (26), pihak sekolah bersama Komite dan warga bakal mengelar kerja bakti, menurunkan atap sekolah yang roboh," ungkapnya.


Mirta menabahkan, gedung sekolah yang roboh merupakan bangun tahun 2009.
Saat ini jumlah siswa SDN Neglasari 05 ada siswa ada 418 dengan guru 14 orang.


"Sampai menunggu di bangunankan sekolah baru oleh Dinas Pendidikan,  proses belajar siswa terpaksa di bagi dua siff,"katanya.

 

Ketua Komite Ukar Sukarya (47) mengaku sangat prihatin akan ada gedung sekolah yang roboh. Jika pemerintah kabupaten bogor peka akan kondisi sekolah yang sudah tidak layak huni, tidak akan sekolah yang roboh.


Apalagi, robohnya sekolah di akibatkan baja ringgan yang tidak kokoh menyebabkan atap roboh.


"Kedepan harus menjadi perhatian bagi Dinas Pendidkan sebagai pengawas dalam menentukan material gedung sekolah jangan sampai banggun baru cepat rusak atau roboh," pintanya.

 

Akhtar Rendra