Jelang Pilkada 49 Warga Binaan Lapas Ikuti Perekaman E- KTP

Jelang Pilkada 49 Warga Binaan Lapas Ikuti Perekaman E- KTP

Guna meningkatkan partisifasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih di Pilkada, termasuk warga binaan. Lembaga Pemasayarakatan (lapas) Kelas IIA Bogor, bekerjasama dengan Disdukcapil dan KPUD kota Bogor melakukan perekaman KTP- el di Lapas Kelas IIA Bogor, Jalan Paledang, Bogor Tengah,Kota Bogor,Rabu (28/3/18).

Dikatakan Kasi Binadik  (Pembinaan narapidana dan anak didik) lapas kelas IIA Bogor, Roni Darmawan, setelah kita pilah pilah bersama disdukcapil Sebanyak 49 orang warga binaan untuk rekam KTP – el.

“Ke 49 orang warga binaan ini sudah mempunyai KTP namun bukan KTP-el,sehingga oleh disdukcapil untuk di rekam kependudukan dan nanti akan di berikan KTP-el,” Jelas Roni.

Lebih lanjut,Roni menjelaskan Di lapas Kelas IIA Bogor ini akan ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di bawah kecamatan Bogor Tengah.

“Tidak semua warga binaan disini mempunyai hak pilih karena ada warga binaan yang berasal dari luar kota Bogor,”katanya.

Roni menambahkan pihaknya akan terus melakukan  sosialisasi siapa saja warga binaan yang belum masuk dalam daftar pemilih sementara karena masih ada tenggang waktu untuk nanti di tentukan daftar pemilih tetap.

“Masih ada tenggang waktu sesuai tahapan pemilu yang sudah di tentukan oleh KPU dan Bawaslu,”ujarnya.

Semetara,Kasi Pendataan Penduduk Disdukcapil,Dedi Adriatna Husein menuturkan setelah kita data ulang ternyata ada 216 orang warga kota Bogor yang di tahan di lapas ini dan yang mengaku belum pernah di rekam KTP – el ada 49 orang.

“Ke-49 orang ini mengaku belum di rekam tetapi kenyataannya ada beberapa orang yang pernah di rekam di kelurahan.setelah rekam KTP – el nanti kita berikan Surat keterangan (suket) terlebih dahulu lalu suket tersebut kita serahkan kepada KPU,kemudian KPU yang memberikan suket tersebut kepada lapas karena akan di buat formulir A5 nya terlebih dahulu,” tandasnya.