Jokowi Kembali Kunjungi Sukajaya, Memantau Penangan Pasca Bencana

Jokowi Kembali Kunjungi Sukajaya, Memantau Penangan Pasca Bencana

Sukajaya- Pasca bencana longsor dan banjir pada 1 Januari 2020 kemarin. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi wilayah terdampak banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Kedatangan orang nomor satu dinegeri ini, untuk memastikan proses penanganan lokasi, termasuk relokasi bagi warga terdampak bencana.

"Soal relokasi. Saya sampaikan agar  Bupati Bogor, Gubernur Jawa Barat (Jabar) tentukan lokasi secepatnya. Kalau memang memakai lahan PTPN, itu bagian dari Pemerintah Pusat akan perintahkan ke Menteri BUMN agar diberikan, secepat-cepatnya,"kata Jokowi kepada wartawan disela kunjungan di Kecamatan Sukajaya,"Senin (03/02/2020).

Disinggung soal kesiapan Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan pemulihan lokasi terdampak bencana, Jokowi dengan tegas menyampaikan bahwa, pusat sudah siap dan tengah menunggu penetapan lokasi dari Pemerintah Daerah. Presiden pun meminta agar Bupati Bogor dan Gubernur Jabar bekerja cepat.

"Begitu land clearing selesai, PU langsung masuk. Secepatnya kita sudah siap. Tinggal penentuan lokasi di Pak Gubernur dan Bu Bupati,"terangnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin menyampaikan bahwa, pemerintah daerah telak menindaklanjuti sesuai intruksi presiden. Langkah itu, menjadi upaya keseriusan pemerintah terhadap penanggulan terdampak korban longsor dan banjir yang melanda pada awal tahun ini.

" Kami sudah lakukan semua sesuai arahan Bapak Presiden beberapa waktu yg lalu " ungkap Bupati Bogor Ibu Ade Yasin singkat kepada Presiden Jokowi saat tiba di desa Harkat Jaya.

Kedatangan presiden ke dua kalinya dilokasi bencana Sukajaya  tersebut, didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimulyono,Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya , Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Bogor Ade Yasin. Presiden beserta rombonganya pun melakukan rehabilitasi lingkungan dengan penghijauan.

Seperti diketahui, pada akhir penutupan tahun, tepatnya 31 Desember 2019 dan memasuki awal tahun ke tanggal 1 Januari 2020 kemarin. Berita duka tersiar disejumlah wilayah, meliputi Kecamatan Sukajaya lah lokasi terparah terdampak longsor dan banjir di Kabupaten Bogor. Seribu lebih rumah milik warga luluh lantak akibat diterjang bencana alam di Sukajaya.

Akses jalan kelokasi bencana pun lumpuh akibat tertutup longsoran tanah.  Tercatat sebanyak 1765 jiwa harus diungsikan ke tenda-tenda pengungsian. Kemudian korban jiwa pun menjadi angka pelengkap duka bencana. Akhirnya berita bencana longsor dan banjir Sukajaya, banyak memakan korban masuk ke telinga Jokowi.

 Alhasil, Seminggu pasca  bencana, tepatnya 7 Januari 2020, Jokowi pun turun mengunjungi korban terdampak bencana dan memberi bantuan. 

Liputan     : Dian Pribadi

Editor        : Asep Saprudin