Kang Duloh, Calon Kades Yang Siap Kontrak Politik, Demi Mewujudkan Ciburayut Maju, Cerdas Dan Beradab

Kang Duloh, Calon Kades Yang Siap Kontrak Politik, Demi Mewujudkan Ciburayut Maju, Cerdas Dan Beradab

 

Cigombong- Dengan mengusung misi pembangunan yang menyentuh semua lini sektor dan visi meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk masa depan. Menjadi tekad bulat Duloh Abdullah, dalam bercita-cita menata serta membenahi Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk lebih baik.

"Insya Allah, Saya siap kontrak politik dengan masyarakat. Karena niat iklas dan tekad kuat untuk membangun perubahan. Yakin, kalau diamanahi dan dipilih memimpin Desa Cibaruyut. Kami akan menyelaraskan, antara program desa dengan program pemerintah daerah dan pemerintah pusat,"jelas Abdulah atau akrab disapa Kang Duloh, salah satu bakal calon Kepala Desa (Balon Kades) Ciburayut saat ditemui di kediamannya di Kampung Ciburayut, pekan lalu.

Kang Duloh yang memiliki latar belakang pegawai di Pemerintahan Kecamatan Cigombong itu memaparkan, jika dirinya telah menyiapkan rumusan formula program yang mengusung "Ciburayut Maju, Makmur, Cerdas dan Beradab". Titik pokok itu, kata dia, bakal terealisasi jika terpilih menjadi Kades untuk mengakomodir semua sektor kepentingan masyarakat.

Intisari program pembangunan itu, dijelaskannya meliputi sektor keagamaan, pendidikan, kesehatan, kemasyarakatan,pertanian, perikanan, perindustrian, wirausaha, pelatihan keterampilan, pemberdayaan, perkoperasian dan seni budaya serta rembuk musyawarah melalui saung aspirasi dan lainnya 

Untuk mewujudkan program kesejahteraan sosial bagi masyarakat Desa Ciburayut nanti, Kang Duloh, juga bakal merangkul semua lapisan masyarakat dengan melibatkan steakholder diwilayah tersebut. Demikian, keinginan masyarakat untuk sejahtera yang mandiri melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan terwujud secara semangat kebersamaan.

Dengan pengalamannya menata kelola pemerintahan, Kang Duloh, yang juga sempat menjabat Sekretaris Desa Ciburayut tersebut, sangat memungkinkan untuk mewujudkan desa menuju kota yang ditunjang dengan sumber perekonomian mandiri. Yang berorientasi pada sistem tata kelola pemerintahan desa bersih dan keterbukaan.

Tentu tak diragukan lagi, jika mengetahui dirinya yang juga berpengalaman saat menjabat Plt Desa Tugu Jaya, pada 2019 kemarin, terbilang sukses mengusung program pembangunan. Maka wajar jika banyak masyarakat menaruh harapan untuk kemajuan Desa Ciburayut kedepan.

Dengan niat tulus mengabdi pada tanah kelahiran. Tekad Kang Duloh, kian kuat untuk berkompetisi di panggung politik dalam Pilkades nanti. Sosok pria kalem itu pun menerangkan, jika keberangkatannya maju menuju kursi orang nomor satu di daerah Ciburayut, bukanlah atas kehendak pribadi mau pun niat untuk mengeruk keuntungan bagi diri dengan jabatan Kades tersebut.

Akan tetapi kemantapannya tersebut, tutur Dia, atas dorongan banyaknya tokoh dan masyarakat Ciburayut yang mendamba adanya perubahan. Sehingga nuraninya pun terpanggil untuk memimpin pedesaan yang berada di Kawasan Gunung Salak tersebut. Untuk itu, Kang Duloh menyampaikan permohonan doa serta dukungan kepada masyarakat, khususnya warga Desa Ciburayut.

"Mohon doa serta dukungannya. Kita ciptakan Pilkades Ciburayut kondusif, aman, tentram dan menjaga suasana sejuk,"imbuhnya.

Sementara itu, para pendukung mau pun loyalis Kang Duloh yang tergabung dalam Sahabat Duloh (Sahdu), meyakini jika sosok yang disorong di Pilkades akhir tahun ini, merupakan figur tepat untuk memimpin Desa Ciburayut.

"Sangat yakin. Kang Duloh, sosok tepat untuk mempin Desa Ciburayut kedepan. Selain memiliki pengalaman dalam tata kelola pemerintahan. Tentunya sebagai putra kelahiran Ciburayut, Kang Duloh pun amat memahami kultur serta kondisi yang berkembang itengah masyarakat,"ungkap Maman, pendukung fanatik yang tergabung dalam tim Sahabat Duloh (Sahdu)

Maman, sapaan akrabnya itu menambahkan, untuk mewujudkan pemimpin menuju perubahan. Dia beserta ribuan orang yang tergabung dalam Sahdu, mengaku iklas berikhtiar dalam usaha merajut komunikasi satu arah menuju Ciburayut lebih maju.

Salah satu tokoh Ciburayut itu pun meyakinkan, bila usahanya dalam merebut simpatik warga itu tanpa di"bumbui" embel-embel.

"Tapi datang dari keinginan dan tekad kuat untuk kemajuan desa lah, kami selalu kompak dan semangat berujuang menemani Kang Duloh. Dan kami yakin, doa Serta ikhtiar sekarang akan melahirkan pemimpin bagi masyarakat Ciburayut,"yakin Maman dengan nada semangat.

Dia berharap, semua lapisan masyarakat, terutama di Desa Ciburayut agar menjaga kondusifitas dan kesejukan iklim politik setelah, atau sesudah Pilkades.

"Intinya, boleh beda dukungan tapi tetap jaga silaturahmi. Karena sistem demokrasi harus dijunjung tinggi dengan sikap dewasa dan saling memberi pencerahan,"tukasnya.

Liputan : Lea Alexanderia

Editor    : Asep Saprudin