Karang Taruna Cigombong Curhat Soal MNC Land, Katanya Turut Andil Terhadap Pendangkalan Danau Lido

Karang Taruna Cigombong Curhat Soal MNC Land, Katanya Turut Andil Terhadap Pendangkalan Danau Lido

 

Cigombong- Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Deni, curhat seputar kondisi Danau Lido yang kini mengalami pendangkalan akibat dugaan adanya aktivitas Mega proyek MNC Land.

Dia berharap pemerintah daerah mau pun pemerintah pusat membuka mata berkaitan kelangsungan danau Lido yang mengalami penyempitan.

"Mega Proyek MNC Land yang tengah berlangsung,selain memberikan kontribusi pada penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar,juga diduga kuat memberikan andil pendangkalan danau Lido,akibat sedimentasi tanah proyek,"Curhat Deni kepada wartawan, Jum'at (25/09/2020).

Menurutnya, urutan tanah proyek yang menyulap jadi daratan menyusutkan hektaran kawasan danau Lido, Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Padahal, kata dia, danau yang jadi aset wisata kebanggaan warga setempat memiliki fungsi sebagai serapan air.

"kalau hujan,air yang bercampur lumpur akan masuk ke danau,sehingga menyebabkan pengendapan tanah,dam menjadikan danau lido dangkal,"ungkap Deni.

Selain itu,sambungnya,jika terjadi hujan deras,seharusnya air yang ditampung oleh danu lido akan langsung mengalir kearah hilir. Tak jarang kondisi itu pun membuat lahan pertanian milik warga tersapu arus air.

"ini aneh,untuk menanggulangi banjir di Jakarta,pemerintah menghabiskan dana milyaran rupiah untuk membuat bendungan Ciawi ini danau lido yang juga berfungsi sebagai penapungan air agar tidak langsung ke jakarta,malah dibiarkan tidak ada penegakan aturan yang jelas,"tegasnya.

Selain pengendapan tanah lumpur yang berasal dari Mega Proyek MNC Land,Masih jelas Deni,diatas dan dipinggir - pinggir danau banyak bangunan yang layak diduga tidak berizin.

"bangunan itu juga patut dicurigai memberikan andil pada pendangkalan danau lido ini,"tutup dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa (Kades) Wates Jaya, Rudi Irawan, seolah membenarkan jika pendangkalan Danau Lido imbas dari aktivitas proyek MNC Land.

"maka kami menghimbau kepada seluruh aparatur pemerintahan dari tingkat Kecamatan,Kabupaten, Propinsi sampai tingkat nasional untuk minta perhatiannya agar lebih pokus untuk menyikapi masalah yang terjadi di Danau lido ini, karena Danau lido ini salah satu icon yang ada di Desa Wates jaya,'tukasnya.

Liputan : Egy Firmansyah

Editor   : Asep Saprudin