Kisah Pilu, Pasca Pelantikan 222 Kades Terpilih Kabupaten Bogorr

Kisah  Pilu, Pasca Pelantikan 222 Kades Terpilih Kabupaten Bogorr

Cibinong- Ditengah rasa suka cita pasca pelantikan 222 kepala desa (Kades) terpilih dalam Pilkades Serentak 2019 kemarin. Tersiar kabar duka yang mengabarkan bahwa Kades Sukaraja terpilih Dede Iskandar meninggal dunia setelah dilantik. Kabar itu pun menjadi kisah pilu dibalik pelantikan kades tersebut.

"Inalilahiwainailahirojiun, telah meninggal dunia barusan sekitar jam 16.45 WIB, Kades terpilih Desa Sukaraja Bapak Dede Iskandar (Ejel). Sekarang jenazah masih dirumah sakit Azra,"ketik Genta digrup medsos Silaturahmi Warga Bogor, Rabu (18/12/2019) sore.

Sementara itu Ade Jaya Munadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, membenarkan kabar tersebut.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan pada 222 kepala desa terpilih dalam Pilkades Serentak 2019 kemarin, bertempat di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (18/12/2019).

Pada pilkades gelombang Tiga ini, untuk pelantikan dibagi menjadi dua tahap, yakni 18 Desember 2019 pada hari ini dan 16 Januari 2020 tahun depan, hal ini ditentukan pada habisnya masa bhakti kades sebelumnya.

“Hari ini 222 orang reski dilantik dan diambil sumpah jabatan. Sementara 51 kades terpiilih sisanya akan dilakukan pelantikan bulan Januari 2020,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin, usai pelantikan.

Bupati menjelaskan kepala desa yang terpilih hari ini adalah kepala desa yang siap membantu pemerintah kabupaten bogor. Pada bantuan sebesar 1 Milyar 1 desa yang digunakan untuk pembangunan infrasrktur dan percepatan pembangunan diberikan secara bertahap.

“Untuk kepala desa tidak usah takut dalam menggunakan dana desa tersebut, yang penting sudah terarah dan transparan dalam penggunaannya,” ujar Ade.

Sementara itu, Terkait para calon yang melayangkan gugatan dalam penyelenggaraan Pilkades Serentak 2019 kemarin. Ade memastikan hal tersebut tidak akan menghalangi proses pelantikan.

Untuk diketahui, dalam pelantikan 222 Kades ini, turut hadir diantaranya Danrem, 061/SKl diwakili May Inf Mulyadi Pasi bakti TNI, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto,S.Si, Dandim 0621/Kab.Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno S. E., M. si., M. Tr, Kapolres Bogor AKBP Muhammad Jhoni, Sekda Drs Burhanudin, Kejari Kab. Bogor Munaji S.H.M. A, Kadis DPMD Drs.Ade Jaya Munadi .S. H, para Ketua BPD dan Para Kepala Desa yang di lantik. (*)

Asep Saprudin