KUD Sumber Alam Dramaga Gelar RAT Ke 38

KUD Sumber Alam Dramaga Gelar RAT Ke 38

 

 


DRAMAGA | fajarbogor.com--Koperasi Unit Desa (KUD ) Sumber Alam menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Buku 2018, di Aula Gedung KUD, Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga yang diukti seluruh anggota. 

 

Dalam RAT tersebut, selain melaporkan aset yang di milik KUD Sumber Alam yang mencapai Rp 7 M. Bakal ada pemberian insentif kepada 152 anggota yang telah melakukan pinjaman modal.

 

Manager KUD Sumber Alam, Slamet Firmansyah menuturkan,  sesuai dengan anggaran dasar rumah tangga dan UUD Koperasi bahwa setiap tahunnya  KUD harus melaporkan kegiatan KUD  ke anggota koperasi yang saat ini sudah mencapai 1.085 anggota. Hingga 2018, Untuk simpanan anggota di KUD Sumber Alam ada sekitar Rp 6,6 M. Jika di total dengan simpanan pokok dan wajib mencapai 7, 3 M.

 

"RAT ke 38 yakni laporan pertanggung jawaban kinerja pengurus, termasuk rencana kerja kedepan.


Sekaligus pembagian sisa hasil usaha (SHU) ke 152 anggota koperasi yang sudah memberikan kepercayaan selama ini,"  ujar Slamet.

 


Tidak hanya laporan kinerja pengurus koperasi. Melihat adanya peluang usahan di Jalan Lingkar Dramaga (JLD), kedepan KUD Sumber Alam bakal berinovasi dengan membuka Toko Matrial.  Tentunya, harga yang di tawarkan ke konsumen bakal lebih murah dari toko banggunan yang lain dan bisa membantu masyrakat Dramaga.

 

"Tentunya, keuntungan dari usahan tersebut  bakal di kembali lagi ke anggota,"katanya.

 

Saat ini, KUD Sumber Alam masih membuka tempat pelayanan koperasi (TPK), untuk layanan simpan pinjam dan pembayaran rekening listrik, telepon dan PDAM, terutama untuk di desa yang jarak tempuhnya lumayan jauh.

 

"Dengan adanya KUD Sumber Alam Dramaga di harapkan bisa membatu perekonomian masyarakat dari mulai simpan pijam dan pelayanan jasa lainnya," tuturnya.

Terpisaha, Anggota Koperasi KUD Sumber Alam, Eli mengaku,  selama ini peranan KUD Sumber Alam sangat begitu dirasakan dampak positif anggota dan masyrakat Kecamatan Dramaga.


Apalagi banyak masyarakat yang begitu terbantu terutama di permasalahan permodalan.

 


“Banyak usaha kecil dan menengah di masyarakat yang saat ini berkembang karena keberadaan koperasi ini,”tukasnya.

 

 

Ade/Akhtar