Mapeling Swadaya Bantu Mak Siti, Rumahnya Yang Roboh

Mapeling Swadaya Bantu Mak Siti,  Rumahnya Yang Roboh

Cigombong – Kabar robohnya rumah Mak Siti Aras (70), warga Kampung Pasir Menjul RT 01 RW 02, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, secara kilat menyebar luas.

Alhasil, banyak kalangan yang bersimpatik, termasuk Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan (Mapeling) yang menyambangi lokasi rumah itu untuk menyalurkan bantuan.

"Kami hanya menjalankan amanah dan kepedulian sosial, itu hukumnya wajib bagi kami”, jelas Kang Mapeng menyampaikan secara singkat dilokasi rumah ambruk, Senin (18/10/2020).

Aksi sosial Mapeling yang sigap memberikan bantuan moril mau pun materil yang terhimpun secara swadaya, pasti akan memberi manfaat untuk mengurangi beban Mak Siti, janda renta, yang secara ekonomi amat membutuhkan tangan baik yang membantu.

Diberitakan sebelumnya, Cuaca ekstrim yang dibarengi dengan guyuran hujan deras yang turun diwilayah Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, belakangan ini.

Rupanya menyisakan cerita pilu bagi Mak Siti Iras, 70, tahun, yang rumahnya ambruk akibat curah hujan di Kampung Pasir Menjul RT 02 RW 02, Desa Pasir Jaya itu, Senin (18/10/2020) sekira pukul 06:30 WIB, pagi.

Berdasarkan keterangan Mak Siti, sapanya, peristiwa yang menimpa tempat tinggal itu terjadi dua kali. Pertama, jelas janda renta itu, ketika musibah bencana alam berupa hujan deras yang dibarengi amukan angin yang terjadi beberapa tahun kebelakang.

Rumahnya pun menjadi salah satu yang terdampak bencana hingga rusak parah.

"Kejadiannya sekitar 2 atau 3 tahun lalu. Ada juga petugas yang datang survei, katanya buat bantuan dari pemerintah. Tapi sampai rumah Emak jebol gini belum ada juga bantuan,"jelas Mak Siti yang didampingi cucunya, Raysya, 10 tahun, saat ditemui dilokasi rumahnya yang nampak memprihatinkan.

Liputan  : Egy Firmansyah

Editor   : Asep Saprudin