Mengenal Lebih Dekat Kopi Indonesia Di Ruang Kopi

Mengenal Lebih Dekat Kopi Indonesia Di Ruang Kopi

BOGOR | fajarbogor.com - Ruang Kopi menggelar  acara Retorika Barista di kopi shop Ruang Kopi, yang berlokasi di Jalan Pandu Raya, Bogor Utara, Minggu 29 Juli 2018.

Acara yang di isi dengan kegiatan pengenalan kopi, fun cupping session, basic manual brew dan games dihadiri oleh puluhan kawula muda se-Kota Bogor.

Dengan hadirnya kegiatan Retorika Barista ini, Rimon berharap bahwa tingkat pengetahuan tentang kopi di Kota Bogor, meningkat dan masyarakat juga jadi lebih mencintai Kopi Indonesia.

Ruang Kopi - Specialty Coffee and Roasters mengembangkan destinasi wisata edukasi kopi di Kota Bogor, untuk memberikan pengetahuan tentang proses pengolahan dan penyeduahan serta informasi kekayaan kopi nusantara.

"Kami telah membangun konsep wisata edukasi kopi sehingga teman-teman pecinta kopi dapat menikmati kopi sekaligus mengetahui proses pengolahan kopi dari kebun hingga sampai ke gelas anda." Kata Rimon Sidabutar, pemilik Ruang Kopi.

Kedai kopi yang berlokasi di Jalan Ahmad Adnawijaya Bogor Utara ini menawarkan sensasi untuk meracik kopi ala barista, selain dapat menikmati kopi, kita juga dapat belajar meracik kopi langsung ditemani oleh barista profesional. Mengusung tema “Retorika Barista”, para pengunjung diberikan pengalaman untuk merasakan serunya menjadi seorang barista.

“Nyeruput kopi di kedai kopi tentu punya citarasa tersendiri dan kehandalan barista punya andil besar dalam rasa penyajian kopi.” Lanjut pengusaha 26 tahun ini.

Indonesia yang merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, kata dia, memiliki potensi ekonomi dan wisata yang perlu terus dikembangkan dan dikenalkan kepada masyarakat terutama tentang proses pembuatannya.

“Saya ingin masyarakat khususnya anak muda bisa berkunjung ke sini, nanti kedepannya saya mau mendirikan kursus barista dan roaster yang bertaraf internasional, supaya barista dan roaster kita bisa bersaing dengan barista luar (negeri).” Kata Rimon.

Ia menuturkan bahwa sejak dikembangkannya Retorika Barista di Ruang Kopi, antusias masyarakat terutama di kalangan anak muda sangat tinggi, bahkan para pengunjung yang kebanyakan berasal dari Bogor dan Jakarta harus memesan kursi dari jauh-jauh hari.

“Kami batasi peserta hanya 30 orang per batch, karna saya ingin materi dan praktek yang diberikan ke peserta dapat sampai dengan maksimal.” Jelas pemuda asli Sidamanik, Sumatera Utara ini.

Dengan hadirnya kegiatan Retorika Barista di Ruang Kopi, Rimon berharap dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kopi, dan dapat menjadi tujuan wisata edukasi baru di Kota Bogor.

Reporter : Fadil Novianto