Meningkatkan Kapasitas Petani Gula Aren untuk Menghasilkan Bahan Baku Kualitas Terbaik di Sukabumi

 Meningkatkan Kapasitas Petani Gula Aren untuk Menghasilkan Bahan Baku Kualitas Terbaik di Sukabumi
 Meningkatkan Kapasitas Petani Gula Aren untuk Menghasilkan Bahan Baku Kualitas Terbaik di Sukabumi


Dalam rangka meningkatkan kapasitas petani di Desa Cihangsa dalam memproduksi gula mentah yang memenuhi standar internasional, Jufrizal mengadakan program pelatihan pada tahun 2018 dengan memanfaatkan dana dari Pemerintah Australia melalui Skema Hibah Alumni. “Pelatihan ini disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan produk organik dan memastikan kadar air tidak melebihi 10%,” jelas Jufrizal. Program ini juga berfokus pada pertanian berkelanjutan.
Sekitar 30 petani sedang mempelajari cara memproduksi gula aren mentah yang memenuhi standar keamanan dan kualitas pangan internasional. Jufrizal membeli gula mentah untuk LSM yang ia dirikan, Lembaga Penelitian Pelaksanaan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa (LP5MP), yang memproduksi dan mendistribusikan gula aren organik menggunakan praktik pertanian berkelanjutan untuk penjualan dalam negeri, dan yang terbaru, ekspor internasional.
Selain bermitra dengan Eastern Cross Trading, LP5MP juga bermitra dengan sesama alumni short course PT. PrimaAgitech Nusantara dalam memproduksi dan mengekspor campuran minuman gula aren jahe ke Malaysia dan berpotensi ke Australia. LP5MP juga akan mengekspor gula aren organik ke Swedia dan Cina.
Di dalam negeri, LP5MP telah merundingkan pengaturan distribusi dengan perusahaan di Jakarta dan Jawa Timur, yang memasok gula aren sebagai salah satu bahan baku mereka. Produk LP5MP kini juga tersedia di rantai toko grosir di beberapa kota.

Petani gula aren terdiri dari 30 kepala keluarga yang menjadi penerima manfaat langsung program ini. Selain itu bagi petani gula aren juga terdapat penerima manfaat seperti produsen gula aren LP5MP yang pabriknya berlokasi di Kota Bogor, dan juga merupakan salah satu industri kecil menengah yang telah mendapat kesempatan untuk mengikuti Standar Pangan dan Standar Pangan. Pengenalan Regulasi di Australia. Penerima manfaat lainnya adalah konsumen dan pelanggan gula aren LP5MP yang telah mendapatkan peningkatan keamanan pangan dan gula aren yang lebih berkualitas dari sebelumnya, sehingga membuat produksi gula aren LP5MP mendapat perhatian khusus dari pelanggan dalam dan luar negeri. Seperti Australia yang mengkonsumsi gula aren blok khusus untuk bahan makanan khususnya bagi WNI yang sedang merantau dan tinggal di Australia.

  Ini mencakup 30 petani gula aren yang ditingkatkan untuk menghasilkan bahan baku untuk menghasilkan bahan baku organik dan bermutu tinggi. Selanjutnya bahan baku tersebut diolah di lantai produksi LP5MP di Bogor untuk menghasilkan gula aren yang berkualitas dan organik, yaitu Gula Aren, Bubuk Silva Arenga dan Gula Aren Blok Cap Musang dengan kemasan merk. Kami juga mensuplai gula aren untuk Merk Dhyana yang sudah dipasarkan di Australia sejak tahun 2018.
Konsumen utama kami adalah menjaga kelestarian lingkungan hutan alam dan kemandirian serta p r o s p e r o u r o m u n i t i e s. Kolaborasi antara alumni Australia diwujudkan dengan mensuplai ke beberapa perusahaan tempat alumni bekerja seperti Mariza Foods, Gamdum Mas Kencana, Mustika Ratu, Javara, Prima Agritech Nusantara, dan distribusi oleh Montis Cipta Raharja untuk pasar modern di Jakarta yang dimulai pada April 2019.
Aksi konservasi di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Kabupaten Sukabumi dengan memanfaatkan hasil hutan bukan kayu yaitu pemanfaatan nira air sehingga tingkat kesejahteraan petani gula aren merupakan komponen penting dari kawasan penyangga hutan. Untuk memperkuat aksi konservasi, LP5MP bekerja sama dengan perusahaan bernama Dwi Agung Bina Mulya (DABM) untuk bersama-sama mengundang Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk membuat program pemberdayaan kawasan hutan alam termasuk budidaya pohon palem dan wisata edukasi melalui pembangunan Rumah Aren.
    Kegiatan peningkatan kapasitas petani aren yang telah dilakukan sejak Mei tahun lalu akan terus dilakukan secara berkala enam bulan sekali untuk menjaga kedisiplinan dan ketrampilan petani aren agar semangat menerima nilai dan membentuk perilaku disiplin tetap konsisten. . Contoh: kegiatan temu petani gula aren di malam hari seperti makan malam bersama sambil berdiskusi tentang permasalahan seputar gula aren dan perkembangan kualitas bahan baku gula aren.
gula aren dari masing-masing nama petani gula aren.
Manajemen kualitas bahan baku dan produk jadi dalam kemasan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan oleh petani sawit dan manajemen produksi LP5MP di Bogor.
Kunjungan manajemen produksi ke dapur petani aren setiap bulan merupakan salah satu upaya untuk mengkomunikasikan standar produksi bahan baku yang telah disepakati. Momentum materi kelas yang telah dilaksanakan menjadi penting agar petani gula aren dan manajemen produksi bersinergi. Komitmen tertulis telah dibuat antara koordinator petani gula aren dan ketua tim sebagai upaya untuk mendapatkan stok yang kontinu dan kualitas yang konsisten,
Dukungan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat
    Hubungan ekonomi prinsipil dalam konservasi hutan alam antara Indonesia dan Australia sudah diawali oleh peran AAI untuk membawa produk gula aren organik LP5MP ke pasar Australia yang selama ini berlangsung. Proyek hibah ini diharapkan dapat dilanjutkan seperti yang tertuang dalam Motto Gula Aren yaitu Gula Aren untuk Petani, Hutan, dan Diabetes. Semoga bisa benar-benar menjadi kenyataan untuk masa depan.
LP5MP lebih aktif berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah Sukabumi dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait kerjasama dalam pemberdayaan petani gula aren dan aparatur pemerintah untuk membuat program bersama seperti proyek yang didanai oleh Australia Global Alumni untuk Ir. Jufrizal selaku pemilik LP5MP, programnya meliputi pembiayaan penanaman pohon aren di areal tersebut serta penyediaan fasilitas produksi gula aren yang disesuaikan dengan standar mutu yang ditentukan oleh Inofice, Lembaga Sertifikasi Organik ke depan, perlu dipikirkan perluasan lahan organik yang disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Organik dari Australia seperti NASA.

Tujuan proyek hibah ini meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petani gula aren untuk menghasilkan bahan baku gula aren yang baik untuk mendukung proses produksi gula aren di pabrik LP5MP di Bogor berdasarkan parameter kadar air tidak lebih dari 10 - 13%, proses higienis dan memenuhi standar keamanan produksi pangan sehingga dapat menghasilkan proses produksi yang efisien dan ekonomis.
Hasil yang diharapkan dari proyek
Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan petani gula aren dalam mengolah nira yang disadap dari pohon aren sehingga dapat menghasilkan bahan baku yang bermutu dan terjamin untuk keamanan pangan. Dalam kesempatan kegiatan peningkatan kapasitas petani, LP5MP juga menginformasikan kegiatan kursus singkat tentang Standar Pangan di Australia dan Selandia Baru (FSANZ).

Nara Sumber : Ir. Jufrizal
Editor.            : Surip Santoso