Menyoal Izin, Warga Cijeruk Hentikan Pembangunan Villa Nusa Indah

Menyoal Izin, Warga Cijeruk Hentikan Pembangunan Villa Nusa Indah

Cijeruk- Pembangunan kawasan Villa Nusa Indah terus disorot warga Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dihentikan sementara oleh warga. Musababnya, warga menyoal setempat menyoal dengan mempertanyakan perizinan pembangunan  yang dilaksanakan oleh PT Alcon itu.

"Untuk saat ini kegiatan PT Alkon yang melaksanakan pembangunan Villa Nusa Indah diberhentikan oleh warga. Karena tidak ada kejelasan soal izin, termasuk izin dari warga,"tegas Holid, perwakilan warga setempat menyampaikan kepada wartawan, Senin (21/09/2020).

Menurutnya, masyaraka Cijeruk tidak pernah menolak adanya investasi bila sesuai mekanisme dan prosuderal sesuai aturan berlaku. Karena dengan kehadiran pengusaha, tambahnya, bakal memberi dampak terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja.

"Untuk itu kami warga mengundang pemilik Villa Nusa Indah untuk bermusyawarah. Jujur hingga saat ini kami tidak tahu bangunan ini akan jadi tempat apa?. Jadi wajar bila kami mempertanyakan, termasuk perizinannya,"ujar Holid.

Di jelaskannya, Desa Cijeruk memiliki kultur yang kental akan nilai-nilai religi. Sehingga wajar jika masyarakat merasa khawatir bilamana pembangunan Villa Nusa Indah dijadikan tempat usaha yang menyingung iklim sosial budaya dan keagamaan.

"Yang kami takutkan bangunan ini menjadi tempat hiburan semisal tempat karaoke atau tempat apalah. Intinya warga ingin meminta kejelasan dari pemilik langsung dengan merespon undang warga,"jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Cijeruk, Asep Saepulrohman seakan membenarkan jika pembangunan Villa Nusa Indah belum mengantongi izin. Dia pun memaklumi jika terjadi gejolak ditengah masyarakat yang mempertanyakan kejelasan.

"Kalau ditanya Izin Mendirikan Bangunan (IMB, red). Setahu kami sebagai Kades Cijeruk itu belum ada. Agar lebih jelas lagi tanya RT dan RW,"imbuhnya.

Sebelumnya, Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kecamatan Cijeruk mengaku sudah dua kali melayangkan surat teguran mempertanyakan perizinan pembangunan Villa Nusa Indah.

Sayangnya pihak owner tidak mengindahkannya. Padahal sudah sepatutnya terlebih dahulu menempuh prosedural hingga terbit izin, baru melakukan pembangunan.

Liputan : Egy Firmansyah

Editor : Asep Saprudin