Nikmatnya Bakso Cuangki Si Jangkung

Nikmatnya Bakso Cuangki Si Jangkung

Bakso cuanki mungkin sedikit akrab di telinga para penggemar jajanan kuliner nusantara.Bakso Cuangki ini adalah jajanan khas kota bandung yang berbahan dasar dari bakso ikan, bakso daging halus, siomay dan tahu serta pelengkap lainnya yang memakai kuah dengan bumbu campuran penyedap rasa serta taburan seledri dan goreng bawang apalagi di tambahkan sambal , saus ,kecap dan cuka rasanya semakin menggugah selera para penikmat bakso Cuangki khas Bandung ini.

Bakso cuanki ini cocok sekali di santap di saat hujan apalagi menjelang malam seperti yang sering dilakukan para scuriti salah satu perumahan ini di tempat saya tinggal yang sering berlangganan Bakso Cuangki Bang Jangkung begitulah panggilan akrabnya di komplek perumahan saya.

Dulu memang masih jarang untuk bisa menikmati makanan yang satu ini. 

Tetapi sekarang sudah banyak sekali yang menjual keliling bakso cuanki ini dengan menggunakan semacam pikulan, dengan ciri khas tersendiri seperti yang dilakukan Bang Jangkung begitu panggilan Akrab di telinga sang penggemar bakso cuangki ala Bang Jangkung pedagang Bakso Cuangki keliling di perumahan di kota Bogor dengan pikulan khasnya dengan perawakan sedikit jangkung makanya di panggil Bang Jangkung oleh para pelangganya.

Para penggemar kuliner satu ini Mulai dari kalangan anak-anak, dewasa, orang tua hampir menyukai makanan khas Bandung yang satu ini, bakso Cuangki serta kesegaran makanan ini terletak dari kuahnya serta isinya yaitu Tahu putih, tahu goreng isian bakso, bakso daging halus dan siomay serta pelengkap lainya tergantung keinginan kita sukanya apa,penyajiannya pun sederhana apalagi  pedas bagi anda yang menyukai pedas atau pedas manis.

Bakso Cuanki sering disebut sebagai bakso bandung. Alasannya, para pedagang cuanki kebanyakan berasal dari bandung dan sekitarnya. 

Konon arti kata “Cuanki” adalah “Cari Uang Jalan Kaki”. Sebab, jaman dulu cuanki dijajakan dengan cara dipikul berjalan kaki keliling menggunakan pikulan sederhana seperti yang dilakukan Bang Jangkung di komplek perumahan saya.

Bakso cuanki bisa dinikmati dan jadi alternatif cemilan pengganjal perut saat malam hari seperti yang dilakukan kawan-kawan saya yang berjaga malam dengan cuaca dinginnya malam di komplek perumahan.

Bagi yang belum mencoba mungkin akan penasaran dengan kuliner satu ini tapi tidak usah kuatir saat ini banyak tempat yang menjual ataupun menyajikan kuliner satu ini di tempat-tempat yang suasanaya lebih nyaman sehingga menikmati Bakso Cuangki nya pun akan lebih nikmat. Selamat mencoba.

Penulis : Surip Santoso