Objek Wisata Banyu Habang Sanggu Buntok Kalimantan Tengah

Objek Wisata Banyu Habang  Sanggu Buntok Kalimantan Tengah

Pernahkah kalian melihat sungai berwarna merah? Pemandangan unik ini terdapat pada banyak sungai di Kalimantan Tengah. Bukan hanya merah, cokelat sampai hitam. Bukan karena pencemaran lingkungan namun disebabkan oleh pengaruh kadar Tannin yang terlalu tinggi. Kadar Tannin merupakan senyawa yang terdapat pada lahan gambut berusia jutaan tahun yang bercampur dengan air yang segar. Oleh karena itu air sungai yang berwarna tersebut jika kita ambil pakai tangan, sangatlah jernih.

Salah satu sungai yang akan kita kunjungi adalah Objek Wisata Banyu Habang yang berlokasi di desa Sanggu Buntok Kalimantan Tengah. Objek wisata kebanggan daerah ini sangat ramai dikunjungi saat akhir pekan atau libur nasional. Sungai berwarna merah ini banyak dimanfaatkan warga untuk mandi dan bermain bersama keluarga. 

Tidak hanya untuk pemandian, terapat juga gazebo yang dapat disewa selama menunggu anggota keluarga berenang di sungai. 

Tidak jauh dari pemandian terdapat kebun anggrek yang terawat, kebun ini sangat menyegarkan mata bagi pecinta tanaman.

Kadang saat akhir pekan, akan ada panggung yang menghibur pengunjung dengan nyanyian biduan lokal.

Bagi yang ingin mengunjungi Objek Wisata ini, perjalanan dari ibu kota Kalimantan Tengah, Palangkaraya dapat menempuh jalur darat selama 4 jam menuju Buntok, dan dari kota Buntok dapat ditempuh selama 20 menit.

Penulis : Ita Purwita Sundari