Pembanguna RSUD Utara Hanya Harapan?

Pembanguna RSUD Utara Hanya Harapan?

foto: Lahan yang rencanya untuk dijadikan RSUD di bagian utara Kabupaten Bogor

 

PARUNG I fajarbogor.com--Gagalnya pengangggaran pembebasan lahan dan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bogor di bagian utara pada 2018 lalu, membuat kekecewan masyarakat. Padahal rencana pembangunan RSUD  itu sudah sejak lama direncanakan.

‘’Pemerintah Kabupaten Bogor harus serius untuk membangun RSUD Kabupaten Bogor dibagian utara itu, mengingat warga masyarakat di utara ini ketika ingin berobat jauh,’’kata saah seorang warga bernama Jalil, Sabtu (29/12/18).

Dari informasi yang didapat rencana pembangunan gedung RSUD itu sendiri berada di Desa Cogreg, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Seperti yang diungkapkan Sekertaris Desa (Sekdes) Cogreg, M. Yusuf mengatakan dari hasil kajian tim 9 (Pemkab Bogor), kemungkinan besar pembangunan itu di Desa Cogreg. Sebelumnya memang sambung Yusuf tim 9 itu mensurvey dua lokasi pertama di Desa Iwul dan Cogreg.Namun di Cogreg menemukan beberapa kendala.

“Di sini juga (Cogreg)si baru rencana kan itu kebijakan ada di orang Pemda,’’kata Yusuf.

Sampai saat ini setahunya, saat mengikuti survey bersama tim 9 ke lokasi di jalan Cogreg, Desa Cogreg itu memangbaru rencana pembebasan lahan .

“Pembebasan belum baru rencana dan pengadaan lahan  kurang lebih ada 4, sampai 5 hektar , kaena kan rumah sakit ini rencannya tipe B,’’Ujarnya.

Yusuf juga  menyampaikan, sebagian tanah yang akan digunakan untuk RSUD itu ada sebagian  meter lahan wakaf yang sudah dijadikan bangunan oleh warga masyarakat sekitar.

“kalau lahan 5 hektar kemungkinan harus menyelesaikan pembebasan lahan wakaf yang saat ini di dijadikan bangunan oleh warga sekitar kurang lebih ada 6 rumah,’’kata Sekdes.

Sekertaris Komisi IV(empat ) DPRD Kabupaten Bogor gagalnya penganggaran RSUD  dibagian utara itu kemungkinan bisa di usulakan tahun  2019 ini,dengan usulan dan dorongan anggota legislatif yang baru.

“untuk anggaran pembangunan itu diusulakan pada 2019 ini oleh dewan baru, tapi untuk pembebasan  lahan mudah-mudahan bisa pada anggrana perubahan, dan untuk teknis pembebasan itu ada pada pihak terkait’’kata Egi.

Egi pun berharap pembangunan RSUD Itu segera terealisasi  mengingat sampai saat ini yang belum memiliki RSUD hanya wilayah Kabupaten Bogor bagian utara .

‘’mudah-mudahan Bupati Ade Yasin bisa mewujudkan harapan warga utara, dandewam yamg nanti terpilih bisa terus mendorongnya.’’pungkasnya. 

 

(Akhtar Rendra)