Pemkot Prabumulih Kepincut Meniru Harmonisasi Dibalik Kemajuan Kota Hujan, Lakukan Kunker Hingga Bantu Pembangunan Mesjid PWI

Pemkot Prabumulih Kepincut Meniru Harmonisasi Dibalik Kemajuan Kota Hujan, Lakukan Kunker  Hingga Bantu Pembangunan Mesjid PWI

BOGOR - Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor dikunjungi 11 rombongan Humas Kominfo Kota Prabumulih, Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam agenda kunjungan kerja (Kunker) tersebut, 59 awak media cetak, online dan elektronik yang tergabung di PWI Kota Prabumulih, diikut sertakan dalam rombongan tersebut.

Kemudian, Asperbangkesra Dodi Achdiyat, Plt Sekdis Kominfo dan Kasubag Humas Pemkot Bogor pun menyambut kedatangan rombongan belasan wartawah beserta Humas Pemkot Prabumuli di Ruang Gedung Pasabean, Balai Kota Bogor, Selasa (22/10/2019).

Asisten 3 pada Pemkot Prabumalih, M Rasyid menjelaskan bahwa, kedatangannya beserta rombongan di Kota Hujan.dilatar belakangi oleh rasa tertarik dengan kemajuan Kota Bogor. Tentunya, sambung dia, tidak lepas dengan langkah inovasi Pemkot Bogor, hingga menuju kemajuan signifikan.

"Intinya kedatangan kami silaturahmi dan kami melihat bahwa telah banyak kemajuan kemajuan kerjasama yang dibangun oleh Pemkot Bogor dengan media," kata Rasyid yang didampingingi Kabag Humas Pemkot Prabumulih M Zahri Desta Putra dan Ketua PWI Prabumulih Mulwadi.

Menurut pengamatannya, Pemkot Bogor dibawah pimpinan Wali Kota Bima Arya dan Wakilnya, Dedie A Rachiem mengalami kemajuan pesat. Sehingga kondisi itu memicu motivasi Pemkot Prabumulih, untuk menyerap cara dalam memajukan daerahnya.

"Kami melihat yang sudah dilakukan di Kota Bogor ini bisa menjadi adopsi ataupun ditiru oleh Kota Prabumulih. Beberapa trik dan strategis dari Humas Pemkot akan menjadi bahan masukan bagi Kota Prabumulih,"terang dia.

Dilanjutkannya, berhasil atau tidaknya kinerja pemerintah tidak lepas dari sorotan kacamata media. Sehingga, kata dia, nama politisi PAN Bima Arya, bisa membumi hinggs Kota Prabumulih. Ia pun mengaku penasaran dan kepincut untuk mengetahui "resep" membangun harmonisasi para wartawan Kota Bogor dengan pemerintah daerah.

"Dan itu tidak lepas dari peran media di Kota Bogor. Media yang bisa membesarkan namanya tersebut. Termasuk strategi yang dilakukan bagian humas dan Kominfo dalam rangka mempublikasikan dari Pemkot Bogor,"lanjut dia.

"Kerjasama media yang dilakukan Kota Prabumulih hampir sama dengan yang dilakukan Kota Bogor. Kunjungan ke daerah rutin tiap tahun dengan mengajak teman teman wartawan. Kami berharap apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Bogor akan diterapkan oleh Kota Prabumulih,"sambungnya.

Sementara itu, Ketua PWI Prabumulih Mulwadi menambahkan, pertemuan silaturahmi dengan wartawan di Kota Bogor sebagai bahan bertukar pikiran dan saling berbagi informasi, baik trik dan strategi.

"Kami banyak mendapat informasi yang bermanfaat. Kerjasama media disini dengan Pemkot Bogor sangat baik dan bagus. Kami mengapresiasi dan akan mengadopsi beberapa ilmu dan strategi seperti yang disampaikan Ketua PWI Kota Bogor tadi," jelasnya.

Menanggapinya, Asperbangkesra Dodi Achdiyat mengungkapkan bahwa, selama ini bagian Humas Pemkot Bogor sudah membangun kerjasama yang baik dengan perusahaan media maupun wartawan. Bahkan kedepanya Pemkot Bogor, akan mengagendakan gathering bersama awak media di masing masing OPD.

"Kami selalu sinergis dan bekerjasama dengan media. Berbagai kegiatan untuk menguatkan kerjasama terus dilakukan, seperti lomba lomba, maupun gathering media. Jadi, kerjasama yang dilakukan selama ini oleh Humas Pemkot sudah sesuai aturan aturan," kata Dodi.

Kemudian, Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti menerangkan, jika organisasi kewartawanan Kota Bogor dibawah komandonya sangat solid. Hingga dapay merajut hubungan kerjasama secara profesional dengan Pemkot Bogor.

Lebih lanjut, mantan wartawan Koran Tempo itu menyampaikan, dengan kekompakan para pengurus serta anggota PWI Kota Bogor, rangkaian kegiatan pun sukses terealisasi. Termasuk pembentukan sub organ.

Diantaranya PWI Peduli Kemanusiaan (PEKA), Ikatan Persatuan Istri Wartawan Indonesia (IKWI), Tim Komunikasi (Tikom) dan Tim Kreatif. Langkah itu pun, hemat dia, menjadi ruang kreasi, yang menunjang kemajuan ditengah eksitensi PWI Kota Bogor

"Kami menyambut baik kedatangan dari rekan rekan media dari Kota Prabumulih. Silaturahmi ini untuk saling berbagi informasi dan saling berbagi pengalaman,"sambut Arihta Surbakti yang juga Pimpred media cetak lokal Harian Sederhana yang berkantor di Kota Depok.

Dalam momentum itu, rombongan pejabat Pemkot Prabumulih beserta PWI Kota Prabumulih, menyerahkan bantuan untuk pembangunan Mesjid An Naba, PWI Kota Bogor. Pun bantuan tersebut diterima langsung oleh Roy Andi (Redaktur Harian Pakar, red) sekretaris panitia pembangunan Mesjid An Naba.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PWI Prabumulih dan Pemkot Prabumulih yang memberikan bantuan untuk penbangunan Masjid An Naba PWI Kota Bogor," pungkasnya.(*).

Asep Saprudin