Pemuda Panoongan Jiwai Hari Kemerdekaan

Pemuda Panoongan Jiwai Hari Kemerdekaan

Rumpin,fajarbogor.com-Hari kemerdekaan Indonesia Ke-74 2019, secara umum masyarakat ikut mengisi kegiatan positif untuk mengenang jasa-jasa Pahlwan. Tapi di Kampung Panoongan RT02/04, Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor ini, ada yang berbeda. Selain Foto Presiden Republik Indonesia Jokowi dan Wakil Presiden Jusup Kalla, ada juga Foto-Foto mantan Presiden pertama Soekarno hingga Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudoyono, dilengkapi foto Pahlawan Nasional, ikut ditampilkan pada perayaan HUT RI Ke-74, tahun 2019.

"Tampilan foto presiden pertama pak Soekarno dan Pak Jokowi, untuk lebih mengenalkan pada masayarakat. Bahwa inilah pemimpin bangsa kita," kata Sekertaris Panita, Mulya Diva.

Selain foto Presiden dan Pahlwan, turut dihadirkan foto-foto Presiden dan Wakil Presiden hingga Menteri yang sudah berkunjung ke Kecamatan Rumpin.

Seperti Menteri Pertahanan dan Menteri Pertanian. Dengan ide creativ terdapat tampilan foto pejabat setingkat Gubernur hingga Muspida Kabupaten Bogor. Diantaranya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Kapolres Bogor, Danrem, Sekda Kabupaten Bogor, hingga Gubernur dan wakil Gubernur Jakarta Basuki alias Ahok.

"Foto yang sudah berkunjung ke rumpin kita tampilkan disini dalam kurun 4 tahun. Saya sebagai warga rumpin, sangat bangga bahwa Rumpin telah banyak dikunjungi para pejabat tinggi," terang Mulya Diva.

Menurut Mulya Diva, foto itu juga menampilkan Bupati dan Wakil Bupati Bogor, saat kampanye ke Kecamatan Rumpin serta kegiatan Muspika Kecamatan Rumpin, seperti Camat Rumpin, Kapolsek Rumpin serta Danramil Rumpin.

"Selain foto yang ditampilkan ada juga pernak pernik untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Dilengkapi dengan gapura yang terbuat dari bambu," kata Mulya Diva.

Tampilan Foto pertama kali diadakan ini, dari anggaran hasil swadaya masyarakat Kampung Panoongan. Antusias warga itupun langsung meresfon, setiap satu rumah warga menyumbang. Acara dengan mengambil tema "Selama 4 Tahun di Rumpin dan Merah Putih di Kampung Panoongan" giat ini adalah diinesiasi warga Panoongan RT02/04 Desa Kampung Sawah. Sementara itu, Ketua RT02 Agus mengatakan, dalam perayaan HUT RI Ke-74 ini, bentuk kecintaan terhadap bangsa dan negara. Dimana bulan Agustus adalah bulan yang bersejarah bagi kemerdekaan.

"Acara ini memang setiap tahunnya untuk memasangan gapura dan pernak pernik merah putih. Tapi untuk tampilam foto presiden dan pahlawan baru pertama kali," sambung Gotek sapaan akrabnya.

Cep Rendra**