Penampakan Tengah Malam, Warga Padurenan Bergotong Royong Bangun Drainase Hasil Rereongan

Penampakan Tengah Malam, Warga Padurenan Bergotong Royong Bangun Drainase Hasil Rereongan

Cigombong- Kebersamaan dengan bergotong royong menata lingkungan nampak terlihat dalama aktivitas belasan warga di Kampung Padurenan, RT 06 RW 04, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019) malam.

Diselimuti gelap, warga yang terdiri dari kalangan tua muda itu seolah tak menghiraukan angin malam. Persis pukul 21.30 WIB, mereka pun bahu membahu memperbaiki saluran drainase.

Warga yang bertempat tinggal tak jauh dari Villa Agun Ginanjar, politisi Golkar di Senayanitu, pun kompak berbagi tugas.

"Kalau anggrannya hasil dari rereongan warga. Jadi bukan bantuan dari pemerintah. Ini kesadaran warga kampung saja, mengingat sekarang memasuki musim hujan, jadi saluran air harus dirapikan"jelas Zaenal tokoh pemuda setempat saat dihampiri dilokasi kegiatan.

Pria yang disapa Baut itu melanjutkan, dengan penataan saluran air, dengan panjang 3×2 meter tersebut, akan bermanfaat ketika musim hujan datang. Sehingga air yang tertampung masuk dalam drainase mengalir tanpa sumbatan.

"Kalau hujan kan suka meluber hingga ke permukaan jalan. Khawatir air itu masuk ke pemukiman warga. Jadi kita antisipasi duluan, dalam arti sedia payung sebelum hujan,"terangnya.

Sementara itu, Ucup Ketua RT 06 menambahkan, kegiatan itu terinisiasi dari hasil musyawarah 48 kepala keluarga (KK) yang merupakan warga Padurenan.

"Sehubung tebingan longsor, jadi warga berinisiatif untuk bergotong royong. Agar saluran air tertata rapi. Makanya malam ini kami bersama sama mengerjakannya,"tambahnya.

Terpantau dilokasi, nampak tokoh masyarakat yang juga Ketua BPD Desa Ciburayut, Sugiya ikut aktif dalam aktivitas gotong royong. Warga pun berbagi tugas, ada yang mengangkut pasir dan juga membuat bahan adukan.

Agar rapi secara permanen, saluran drainase pun ditembok. Kemudian untuk dipinggirannya dipasang bronjong untuk penahan coran.

Asep Saprudin