Potret Kemiskinan, Jatah Tujuh Unit RTLH di Desa Pasir Jaya

Potret Kemiskinan, Jatah Tujuh Unit RTLH di Desa Pasir Jaya

 

Cigombong-  Kemiskinan masih jadi potret buram dihampir tiap desa di Kabupaten Bogor. Untuk itu tiap tahun Pemerintah Daerah mengalokasikan anggaran bagi masyarakat kurang mampu. Salah satunya ialah pos dana untuk program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Tahun ini kami dapat anggaran program RTLH untuk tujuh rumah. Tiap rumah dapat Rp 15 juta dari APBD Kabupaten Bogor,"jelas Suhanda Hermawan, Kepala Desa (Kades) Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (20/7/2020). 

Dilanjutkannya, dari tujuh rumah warga tak mampu tersebut,  baru dua rumah yang hampir selesai dikerjakan. Namun demikian, pihaknya bakal melakukan upaya percepatan pembangunannya agar warga penerima RTLH dapat hidup nyaman.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa semuanya selesai dan mengenai pelaksanaan kegiatannya dikordinir sama Tenaga pelaksanaan kerja (TPK) ujarnya.

Sementara Ketua TPK Desa Pasir jaya, Jaelani menyatakan ketujuh KK yang menerima program RTLH tahun ini ditetapkan sesuai surat usulan dari Kepala Desa yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan kelengkapan administrasi.

“Sebelumnya memang kita verifikasi dulu secara administrasi baik mulai dari KTP, kepemilikan lahan/tanah, KK, keterangan penghasilan dan lainnya yang menyangkut persyaratan untuk menerima bantuan RTLH,” imbuhnya.

Warga miskin yang rumahnya telah direhab nanti ada peningkatan dalam menjalani kehidupannya, termasuk bisa menikmati hidup yang lebih sehat. 

Liputan  : Egy Firmansyah

Editor    : Asep Saprudin