PPKM Berpengaruh Besar Pada sektor Parawisata di daerah Kabupaten Bogor

PPKM Berpengaruh Besar Pada sektor Parawisata di daerah Kabupaten Bogor
PPKM Berpengaruh Besar Pada sektor Parawisata di daerah Kabupaten Bogor

Pandemi Covid19 masih berlanjut di tambah PPKM lanjutan diperpanjang hingga 4 Agustus 2021 untuk menekan penularan virus Corona di semua wilayah Indonesia termasuk salah satunya Kota dan Kabupaten Bogor.

Himbas dari pandemi Covid19 hampir menghantam semua sektor Ekonomi di Indonesia, salah satunya sektor Pariwisata. Saya sempat mengunjungi beberapa kawasan wisata Curug Mariuk, Curug Batu merah, Curug Romantis di daerah kabupaten Bogor tepatnya Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor.

Beberapa kawasan wisata Curug ini sangat sepi pengunjung malahan tutup untuk sementara waktu di tambah PPKM lanjutan sehingga sangat terasa himbasnya mematikan kedatangan pengunjung ke kawasan wisata alam di daerah tersebut.

Kami dari tambloid online Fajar Bogor sempat menanyakan aktivitas tempat - tempat wisata di daerah tersebut.
“Semenjak pemberlakuan darurat PPKM yang di instruksikan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah yang datang ke tempat wisata ini hampir engga ada sama sekali jadi dipastikan tutup untuk sementara waktu selama PPKM, karena himbauwannya sudah jelas kepada pengelola tempat-tempat Wisata alam dan Beberapa air terjun di sekitanya”.
Menurut Pak Beben salah seorang petugas pengelola tempat wisata Curug Mariuk sebuah air terjun yang berada di daerah Desa Cibadak Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor. 

Di tambah dengan beredarnya instruksi Bupati Bogor Ade Yasin yang menyampaikan bahwa pihak - pihak terkait beserta jajaran (Muspika) Musyawarah Pimpinan Kecamatan akan terus memonitoring semua tempat-tempat wisata di Kabupaten Bogor untuk memastikan bahwa selama PPKM Darurat yakni 3 Juli dan diperpanjang hingga tanggal 4 Agustus 2021 ini tidak  boleh ada yang beroperasi.

Akibat  dari pandemi covid19 ditambah dengan pemberlakuan PPKM ini tentu berpengaruh kepada pengelola tempat-tempat wisata  alam dan mengmasyarakat setempat yang banyak mengantungkan hidup dan penghasilannya dengan berdagang dan menjadi gaet turis domestik maupun dari mancanegara di daerah setempat dan tempat-tempat wisata lainya di tanah air.

Surip Santoso