Prestasi Neng Nais Patut Di Contoh, Wakili Jawa Barat di MTQ Tingkat Nasional

Prestasi Neng Nais Patut Di Contoh, Wakili Jawa Barat di MTQ Tingkat Nasional

 

Sukabumi- Prestasi membanggakan yang di raih Siti Nuraeni Salisah (17) patut menjadi contoh. Neng Nais, sapaan akrab, ialah peraih juara pertama pada segmen Musabaqoh Syahril Qur'an (MSQ) di ajang MTQ ke 36 tingkat Jawa Barat, yang digelar di Kabupaten Subang.

Putri ke tiga dari enam bersaudara dari pasangan suami istri, KH Ahmad Dahlan dan Hj Teuis Thoyyibah, berdomisili di Kampung Cikarangsasak RT 04 RW 01, Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diketahui berturut-turut tiga tahun menorehkan prestasi. 

Pelajar yang duduk dibangku kelas XII, Madrasah Aliyah (MA) Al-Bisriyah, Sukabumi tersebut, pada tahun 2018 jadi peserta mewakili Sukabumi dan tahun 2019 kemarin, mewakili Kota Bandung, juga sama meraih juara dua pada sesi tilawah anak MTQ tingkat Jawa Barat. Neng Nais pun mengaku bersyukur atas prestasi diraihnya tersebut.

"Alhamdulillah, bersyukur dapat keluar sebagai juara pertama,"jawab Nais yang ditukil dari sukabumiupdate, Sabtu (12/09/2020) malam. 

Putri KH Ahmad Pimpinan Ponpes Al-Isytirok, Sukabumi itu menjelaskan bahwa, asal muasal dirinya menjadi peserta mewakili Kota Bandung tahun ini, lantaran ajakan dari teman sang ayah.

Neng Nais mengira, Sukabumi tidak menggelar ajang MTQ. Dirinya pun mengaku bahagia dan bangga meraih juara pertama pada tahun 2020 sekarang.

"Masuk kontingen Kota Bandung karena diajak oleh teman ayah. Dikira Kabupaten Sukabumi tidak menyelenggarakan. Pelaksanaan MTQ Kota Bandung pada bulan November-Desember, sedangkan Kabupaten Sukabumi belum ada kabarnya.

Sehingga ikutlah ke Kota Bandung dan keluar sebagai juara pertama, setelah itu barulah pelaksanaan MTQ Kabupaten Sukabumi sekitar bulan Maret-an," tutur Neng Nais. 

Menurut dia, karena data peserta sudah masuk. Ia pun tak bisa mengundurkan diri untuk jadi kontingen Sukabumi. Bahkan, selanjutnya Neng Ais akan mewakili Jawa Barat di ajang MTQ ditingkat Nasional. Prestasi membanggakan itu, kata dia, tidak lepas dari dorongan orang tua dan dukungan guru pengajar serta teman temannya.

"Akhirnya kemarin pada final bisa menyisihkan Kabupaten Bandung dan tuan rumah Kabupaten Subang,"tukasnya. Perlu diketahui, Neng Ais telah menyisihkan 1.136 peserta yang mewakili tiap daerah, kota mau pun kabupaten se-Provinsi Jawa Barat, di panggung MTQ ke 36 tingkat Jawa Barat, di Kabupaten Subang pada 3 -11 September 2020.

Neng Aisah sukses meraih juara pertama dan menjadi perwakilan untuk tingkat nasional. Prestasi gemilang dalam genggaman Neng Ais, menjadi kebanggan warga Jawa Barat, khususnya masyarakat Sukabumi.

Dengan prestasi itu, seolah memperkuat identitas kota santri yang disematkan untuk Sukabumi.Kepala Sekolah ditempat Neng Ais belajar pun turut bersuka cita atas prestasi anak didiknya.

"Betul Neng Nais murid kami. Dan bagi atas prestasinya juara 1 bidang MSQ, meski ikut Kontingen Bandung,"ungkap Abdul Ajiz, Kepala Sekolah MA Al Bisriyah, Sukabumi.

Asep Saprudin