Retorika Barista Ragam Ruang Kopi Nusantara

Retorika Barista Ragam Ruang Kopi Nusantara

BOGOR I fajarbogor.com-  Kopi kini sudah menjadi bagian gaya hidup semua kalangan masyarakat. Jumlah coffee shop kian bertambah setiap harinya. Dan tentunya menjadikan kebutuhan barista pun kian bertambah.

Publik tengah terkesima dengan perkembangan tren kopi saat ini. Racikan serta kemasan menarik membuat olahan kopi kini menjadi hal yang selalu diburu. Salah satunya Ruang Kopi, coffee shop yang berlokasi di Jalan Achmad Adnawijaya, Bogor Utara ini menjadi salah satu tempat yang diminati masyarakat Bogor, mulai dari kalangan mahasiswa sampai executive muda untuk berselencar lidah guna menikmati citarasa kopi nusantara.

Hingar bingar si bubuk hitam memberikan dampak pada makin dikenalnya profesi orang-orang di balik mesin giling alias barista. “Kopi yang Anda nikmati saat ini adalah hasil proses panjang biji kopi yang kemudian diracik menjadi segelas kopi.” Kata Rimon Sidabutar, pendiri sekaligus pemilik Ruang Kopi.

Ternyata Ruang Kopi juga memiliki program bernama “Retorika Barista” yang bertujuan memberikan edukasi terkait proses pengolahan kopi. Program yang di gagas oleh sang owner ini memberikan materi mulai dari pengenalan sektor pertanian kopi dan jenis biji kopi yang ada di nusantara, hingga proses roasting dan cara penyeduhan kopi. Bagi yang berminat mengikuti acara “Retorika Barista” yang  akan di selenggarakan pada 29 Juli 2018. Dapat datang langsung ke Ruang kopi.

Program yang memberikan pengalaman sehari menjadi seorang barista ini diselenggarakan rutin setiap dua minggu sekali di Lantai 1 Ruang Kopi. "Tujuan dari kegiatan ini agar kopi nusantara di kenal kalangan muda Bogor.” singkat Rimon saat dijumpai hari Selasa, 24 Juli 2018 di Ruang Kopi.
 
Dalam hal meracik kopi, tentu saja hanya barista yang kompeten yang bisa menyajikan kopi paling nikmat. Apalagi data menunjukkan semakin hari peminat kopi semakin meningkat, terutama kalangan anak muda. “Harapan kami semoga Retorika Barista bisa mencetak bibit barista muda terbaik di Indonesia, bisa menjadikan kopi semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, dan yang terpenting adalah kesejahteraan para petani kopi di Indonesia.” Tutup pemuda 26 tahun ini.

Rilis I Asep S