Sempat Diwarnai Ketegangan, Aksi Unras Massa PMII Dan Bang Japar di Lido, Tuntut Keadilan Bagi Warga Ciletuh Hilir

Sempat Diwarnai Ketegangan, Aksi Unras Massa PMII Dan Bang Japar di Lido, Tuntut Keadilan Bagi Warga Ciletuh Hilir

 

Bogor- Ratusan massa aksi Unjuk Rasa (Unras) Pergerakan Mahasiswa Islam (PMII) Bogor serta Ormas Bang Jawara dan Pengacara (Bang Japar) Sukabumi di depan pintu masuk Kawasan Lido, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sempat diwarnai ketegangan antara pendemo dengan aparat petugas kepolisian yang mengawal aksi dalam menyoroti persoalaan warga Cilituh Hilir dengan pihak anak perusahaan MNC Grup.

"Kami simaptik dan prihatin dengan nasib masyarakat Ciletuh Hilir yang terlunta-lunta selama enam tahun mencari keadilan ditengah tuntuntannya kepada anak perusahaan MNC Grup. Untuk itu, PMII Komisariat Universita Pakuan (Umpak) dan PMII Komisariat Universitas Djuanda (Unida) sejumlah 200 orang turun aksi,"jelas Wahab Sunandar Koordinator aksi, Kamis (1/10/2020) dilokasi Unras.

Dia melanjutkan, pihaknya akan terus mendampingi warga Ciletuh Hilir hingga mendapat kepastian tuntutan haknya. Mahasiswa Umpak itu pun mempertanyakan sikap pimpinan DPRD Kabupaten Bogor yang sempat meninjau lokasi makam yang menolak digusur oleh pihak perusahaan.

"Pimpinan dewan berjanji dalam waktu seminggu akan melakukan mediasi antara warga dan pihak anak perusahaan MNC Grup. Namun sayangnya hingga sekarang belum terealisasi. Dan kami mahasiswa akan terus mendampingi masyarakat untuk mendapatkan tuntuntan hak-haknya,"tegas Wahab.

Di lokasi sama, Ketua Bang Japar Sukabumi, Budi Lesmana, mengaku prihatin dengan larutnya persoalaan tersebut. Hingga akhirnya Ormas yang dikomandani ya itu turut dalam aksi untuk menyuarakan tuntutan masyarakat Ciletuh Hilir. Dia berharap pemerintah turun tangan untuk menengahi masalah tersebut.

"Karena lagi pandemi, kami hanya menurunkan masa sekitar 100 orang. Jujur kami prihatin dengan nasib warga Ciletuh Hilir,"tukas Budi Lesmana.

Berdasarkan pantauan dilokasi, peserta aksi yang d membawa atribut organ masing-masing berkumpul di depan jalur masuk Kawasa Danau Lido. Mereka pun hendak melakukan long marc dengan tujuan ke perkampungan Ciletuh.

Tiba-tiba ketegangan nampak terjadi secara singkat hingga terhindar dari sikap anarkis. Alhasil, peserta Unras yang  mengendarai kendaraan roda empat dan sepeda motor itu tertib dan langsung bertolak ke rumah tokoh Kampung Ciletuh Hilir.

Editor : Asep Saprudin