Serunya Kegiatan Gathring KPU, di Rafting Sungai Cisadane

Serunya Kegiatan Gathring KPU, di  Rafting Sungai Cisadane

Caringin- Wisata rafting kian berkembang diwilayah Kabupaten Bogor paling Selatan dan makin digandrungi oleh para wisatawan domestik mau pun mancanegara. Hampir tiap hari libur lokasi arung jeram Sungai Cisadane diwilayah Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, kerap ramai dikunjungi.

Bahkan KPU Kabupaten Bogor memilih tempat wisata rafting Sungai Cisadane yang menjadi primadona baru di zona Selatan, selain kawasan Puncak. Untuk menyelenggarakan acara media gathering selama dua hari, Senin-Selasa(19/11/2019).Pesertanya puluhan awak media yang bertugas di Bogor Raya.

Kegiatan yang inisiasi lembaga penyelenggara Pemilu Kabupaten Bogor tersebut, upaya untuk mempererat tali silaturahmi antara KPU dengan pewarta yang tergabung dalam grup whatsapps Jaringan Jurnalis Pemilu Kabupaten Bogor.

Tak kurang dari 60 orang jurnalis ikut dalam kegiatan tersebut. Pada pukul 13:00 WIB, bus pengangkut rombongan pegawai KPU dan wartawan itu meluncur menuju lokasi bertempat di Villa Griya Bukit Pancawati, Caringin, Kabupaten Bogor.

Dengan agenda penyampaian informasi soal pemilu dan diskusi bersama. Setiba dilokasi dan melewati waktu istirahat, para peserta pun langsung memasuki ruangan yang disediakan panitia.

Selanjutnya pada sesi acara Coffe Break (Acara pembukaan), ketua KPU kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran media selama pemilu digelar.

“KPU kabupaten Bogor, sangat mengapresiasi terhadap teman-teman wartawan, baik pada Pemilu legislatif (Pileg) maupun saat pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2019. Dengan kebersamaan itu kami dari KPU kabupaten Bogor mengajak semua rekan-rekan wartawan berkumpul bersama dalam bentuk media gathering,” terang Ummi Wahyuni, Senin (18/11/19).

Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok yang juga turut hadi menyampaikan kata sambutannya, amat mengapresiasi keberhasilan KPU kabupaten Bogor, dalam menggelar pemilu. Sebab, menurut Rifqi, kabupaten Bogor memilki jumlah pemilih yang sangat besar.

“Jumlah hak pilih atau daftar pemilih tetap (DPT) di kabupaten Bogor berjumlah 3.494.743 pemilih, bahkan jumlah tersebut melebihi jumlah DPT se provinsi Gorontalo. Dan selama pemilu, kabupaten Bogor, termasuk daerah paling rawan, karena sering terjadi konflik mulai dari TPS hingga ke penghitungan tingkat KPU. "

"Kita ketahui juga bahwa di kabupaten Bogor, paling banyak petugas pemilu yang meninggal dunia saat menjalankan tugas mengawal pemilu,” Terangnya.

Masih kata Rifqi, banyak juga permasalan soal DPT selama pemilu 2019. Terkait hal ini kata Rifqi, banyak ditemui kesulitan khususnya untuk di lembaga pemasyarakatan (Lapas).

“Saya berharap, kedepan program pemutakhiran data pemilih seperti di lapas dan rumah sakit harus menjadi bahan pertimbangan pelayanan kedepan nya bagi KPU kabupaten Bogor,” Pintanya.

Namun, masih kata Rifqi, secara keseluruhan tahapan pemilu di kabupaten Bogor berjalan dengan sukses.

“Secara keseluruhan pemilu kabupaten Bogor saya sangat memberikan apresiasi kepada rekan-rekan mulai dari ketua KPU, Komisioner hingga tingkat petugas PPS, begitu juga kepada rekan wartawan yang terus memberikan informasi seputar pemilu,” Pungkasnya.

Diakhir acara, diadakan tanya jawab antara wartawan dengan KPU, yang keseluruhan pertanyaan dijawab langsung oleh ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok.

Hadir dalam acara media Gathering, ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Hahyuni, Bupati Bogor yang diwakili oleh kepala diskominfo, Kardenal, para komisioner KPU Kabupaten Bogor, diantaranya Herry setiawan, Asep Saepul Hidayat, Erik Fitriadi.

Esok harinya, para peserta pun mengikuti petualangan di Sungai Cisadane dengan menumpangi perahu karet. Khususnya para pemburu berita terlihat begitu tertantang untuk uji nyali menaklukan arus Cisadane.

Dengan mengenakan perlengkapan standar keselematan seperti baju pelampung, helm dan dayung. Para pewarta itu menguji adrenalin dengan menelusuri medan terjal lintasan Sungai Cisadane.

Asep Saprudin