Soto Kuning "Ajib" Khas Bogor, Dapat Menggoyang Lidah Lho

Soto Kuning "Ajib" Khas Bogor, Dapat Menggoyang   Lidah Lho

 

BOGOR | fajarbogor.com - Soto ayam kuning “Ajib,” demikian nama tempat makan yang mengkhususkan pada sajian soto kuning khas Bogor itu menamakan dirinya. Kedai soto ini berlokasi di Komplek wartawan Perumda Cipaku II Nomor 2, Jalan Cipaku, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Meski memang teramat banyak sajian serupa di berbagai sudut Kota Bogor, namun jangan pernah sekalipun Anda membandingkannya dengan tempat lain yang telah lebih dulu eksis dan tersohor.

Sebab walaupun secara tampilan tidak ada bedanya dengan sajian yang sama di tempat lain, tetapi begitu lidah ini mengecap rasa kuahnya benar-benar total berbeda dan pastinya lebih “nendang”.

Mengambil tempat di bagian garasi rumah sang pemilik, namun cukup representatif ketika kita menikmati sajian panas semangkuk soto kuning “Ajib” ini berikut sepiring nasinya yang ditaburi gurih dan keringnya goreng bawang merah.

Belum cukup sampai disitu, karena masih ada perkedel kentang dan emping sebagai teman menyantap yang dijual terpisah. Kolaborasi yang apik antara ibu dan anak, Hj Desi dan Irfan Hermawan itu, rupanya berhasil memikat banyak orang yang penasaran hingga akhirnya menjadi pelanggan tetap.

Tidak saja lantaran harga yang ditawarkan sangat ramah di kantong hanya Rp 10.000 untuk semangkuk soto kuning dan Rp 4.000 untuk sepiring nasi, tetapi yang menjadi nilai lebihnya adalah cita rasa yang tiada duanya. Dengan ramah Irfan pun bercerita, meski ada beberapa bumbu dan rempah yang sama digunakan seperti penjual soto lainnya.

Tetapi, ada racikan bumbu rahasia yang dibuat oleh sang ibu sebagai juru masaknya. Sehingga kuah sotonya bisa berbeda dan lebih “menggigit” dibanding yang lain.

“Sama saja untuk isian sotonya. Selain pastinya suwiran daging ayam segar, ada pula bihun, irisan tomat merah dan beberapa bumbu lainnya dalam siraman kuah soto ini,” ungkap Irfan.

Selain pembeli dari sekitar tempat tinggalnya, namun rupanya Soto Kuning “Ajib” ini telah memiliki pelanggan loyal dari kawasan lainnya se-Kota Bogor. Maka tak heran bila kedai yang setiap hari buka mulai pukul 09.00 WIB ini akan sudah habis menjelang petang sekitar pukul 17.00 WIB.

“Alhamdulillah respon dari para pembeli, mereka mengaku cukup puas dengan rasanya. Tapi tidak sedikit juga yang merasa heran karena harga yang kita jual ini katanya terbilang murah,” ujarnya tersenyum.

Untuk menemani sajian makan Anda, beragam jus buah pun ditawarkan di tempat ini. Atau Anda juga hanya sekadar menyuruput segelas teh tawar hangat.Ingin mencoba Soto Kuning “Ajib” ini?.

"Silahkan datang langsung dan rasakan sensasi gurih sedapnya. Namun perlu diingat, kedai soto ini tutup di hari Senin.

Reporter : Fadil Novianto