Suhu Politik Mulai Memanas Jelang Pilkades Ciburayut, Sosok Duloh Disebut Bakal Jadi 'Kuda Hitam'

Suhu Politik Mulai Memanas Jelang Pilkades Ciburayut, Sosok Duloh Disebut Bakal Jadi 'Kuda Hitam'

(Foto: Balon Kades Ciburayut Abdulloh saat mengambil formulir pendaftaran Calon Kades)

Cigombong- Suhu politik mulai memanas jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Enam Bakal Calon (Balon) kepala desa (Kades) pun sudah mendaftarkan diri dengan mengambil formulir dari kepanitian Pilkades, mulai dibuka pendaftaran, Sabtu (19/09/2020).

Nama ke enam Balon tersebut diantaranya, Candralena (Incumben,red), Abdulloh, Parman, Herri Susanto, H. Odiyanto, Delon dan memungkinkan peserta bertambah.

"Kang Duloh (Abdulloh,red) bakal jadi "kuda hitam" di Pilkades Ciburayut. Bisa jadi mampu menjenggal langkah Incumben menuju tiga periode,"jelas seorang tokoh Ciburayut yang minta identitasnya tidak ditulis,Rabu (23/09/2020).

Dijelaskannya, kenapa sosok Duloh layak diperhitungkan oleh lawan-lawan politiknya. Karena menurutnya, sosok Balon Kades kelahiran Ciburayut itu memiliki rekam jejak yang bersentuhan dengan tata kelola desa. Kendati demikian Dia menyebut, semua kandidat memiliki peluang besar untuk menggungguli persaingan Pilkades Ciburayut.

"Kang Duloh itu sempat menjabat Sekdes Ciburayut. Kemudian naik jadi pegawai kecamatan. Dan pernah jadi Plt Kades Watesjaya yang terbilang sukses. Namun yang namanya politik, semua calon pun memiliki peluang besar untuk menang,"tuturnya.

Informasi yang diserap dilapangan. Semua Balon Kades sudah intensif melakukan gerakan politik diarus bawah. Pemetaan pun dilakukan untuk membuat zona lumbung suara.

Bahkan empat Balon yang tempat tinggalnya masih bertetangga di perkampungan Selaawi seperti H. Odiyanto, Herri Susanto dan Delon bakal sengit berebut simpatik masyarakat zona Selaawi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Ciburayut, Hayadi Uyadi menjelaskan, meski terkala minimnya anggaran untuk panitia. Namun pembukaan pendaftaran peserta bagi calon Kades Ciburayut yang akan ditutup 27 September 2020 mendatan sukses dilangsungkan.

"Bila hingga penutupan pendaftaran tanggal 27 calon lebih lima. Maka panitia akan melakukan seleksi Balon ke Calon. Kami minta calon mau pun tim sukses bersaing secara sehat,"imbuhnya.

Dan untuk calon Incumbent, lanjut dia, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) harus ada bukti laporan pertanggung jawaban ( LPJ ) selama menjabat kepala desa dan harus ada laporan catatan aset desa.

"Dan untuk data pemilih sementara warga Desa Ciburayut kurang lebih 9200 orang. Dan untuk anggaran Pilkades sendiri yaitu Rp 20.000 per hak pilih ditambah tabungan desa sebesar dua puluh lima juta rupiah sesuai kesepakatan Kepala Desa Ciburayut,"tukasnya.

Patut diketahui, Pilkadeserentak 2020 di Kabupaten Bogor bakal digelar pada 20 Desember, termasuk Desa Ciburayut dan akan diikuti 87 desa di 34 kecamatan. Mereka yang terpilih dalam pilkades, akan mengisi kursi 66 kepala desa yang habis masa jabatannya pada tahun ini, dan 22 kepala desa yang jabatannya berakhir pada Januari.

Liputan: Lea Alexanderia

Editor : Asep Saprudin "