Tak Kerja Loyo, Meski Damkar Kota Bogor Kekurangan Personil

Tak Kerja Loyo, Meski Damkar Kota Bogor Kekurangan Personil

Bogor- Unit Satuan Pemadam Kebakaran (Sat Damkar) Kota Bogor, Jawa Barat, kekurangan personil. Kendati demikian, para petugas Damkar tak kerja loyo, bahkan kerap bekerja ekstra untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Seharusnya secara ideal dari unit yang kita miliki dengan cakupan pelayanan kita, anggota yg bertugas dilapangan seharusnya berjumlah total 150 orang, artinya ada kekurangan petugas hampir seratus orang,"kata Marse Hendra Saputra, Kabid Damkar Kota Bogor, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (15/7/2020).

Dilanjutkannya, kantor Damkar yang berlokasi di Jalan Raya Pajajaran, persis di RT.07/RW.02, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur tersebut, hanya memiliki 69 personil.

"Anggota kami, total keseluruhan ada 69 orang, tetapi yang dilapangan melaksanakan tugas piket 24 jam dalam sehari ada sekitar 53 orang,"lanjutnya.

Dia menambahkan, meskipun kekurangan jumlah anggota personil yang kerap berimbas adanya kendala, namun tidak pernah menyurutkan semangat kinerja Unit Sat Damkar dalam memberikan pelayanan.

"Walaupun kekurangan personil dan sering menemui kendala. Tidak menyurutkan semangat kami dalam melaksanakan tugas dilapangan,"tambahnya.

Kemudian Marse pun bercerita kaitan pengalaman bertugas ditengah kendala. Disampaikannya, saat itu telah terjadi kebakaran dengan kobaran api besar. Dikhawatrekan menjalar, akhirnya dirinya pun turun tangan lantaran petugas Damkar kurang memadai.

" Ketika itu para anggota Damkar harus bolak balik mengambil unit kendaraan ke posko Damkar. Itu terpaksa, dilakukan karena berkaitan dengan suply air yang diperlukan dalam menangani kebakaran," tukas dia menceritakan singkat.

Editor : Lea Alexsanderia