Thailand Bantu Sekolah SD Negeri di Bogor

Thailand Bantu Sekolah SD Negeri di Bogor

CIAMPEA --Perwakil kedutaan Thailand di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor mengujungi SDN Cibadak 02 dan SDN Cinangka 04, di Kecamatan Ciampea, Selasa (10/9).

Kunjungan tersebut, untuk monitoring dan evaluasi (Monev), apakah bantuan dari Thailand diirealisasikan atau tidak oleh pihak sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna mengatakan, kedatangan kedutaan dari Thailand ke SDN Cibadak 04 dan Cinangka 02, tak lain untuk evaluasi program sehat. Sejak tahun 2011, Thailand menjalin kemintraan dengan 8 SDN se- Indonesia.

Ada bantuan yang diberikan oleh Thailand ke sekolah yakni pembangunan Kantin, kamar mandi, tempat cuci tanggan siswa dan tanaman untuk perkebunan sekolah.

"Sekarang di cek, bantuan tersebut masih ada nga. Selain itu, pihak sekolah di tanyakan apa saja yang menjadi kebutuhan sekolah dan perlu di bantu," ujar Entis mantan Camat Ciampea.

Entis menambahkan, program lebih luas, nanti guru SDN bisa melanjutan kuliah S2 di Thaliand. Sebelum mendapatkan beasiswa, gurunya harus bisa bahasa Inggris dulu.

"Tentunya, bantuan dari Thailand tidak tumpang tindih dengan bantuan yang digulirkan Pemkab Bogor. Kedepan. Bupati juga memprogramkan agar setiap sekolah di lengkapi tempat cuci tanggan," bebernya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Cinangka 04, Ijad mengaku, adanya bantuan dari Thailand tentunya pihak sekolah sangat terbantu.

Untuk di SDN Cinangka 04, yang di bantu oleh Thailand diantaranya WC, Kantin dan tempat cuci tanggan.

"Alasan Negara Thailand membantu SD Cinangka 04 dikarenakan lahan sekolah luas dan belum ada Kantin, tempa cuci tanggan. Kedepan kita minta agar di banggunkam ruang UKS," tukasnya.

Akhtar Rendra