Warga Minta Tiang Listrik di Tengah Jalan Dipindah, PLN Rayon Bogor Barat Minta Biaya 10 Juta?

Warga Minta Tiang Listrik di Tengah Jalan Dipindah, PLN Rayon Bogor Barat Minta Biaya 10 Juta?

Kemang, Warga masyarakat, dan Pemerintah Desa Tegal, Kecamatan Kemang mengeluhkan adanya biaya untuk memindahkan listrik dari tengah jalan ke sisi jalan. Diketahui tiang listrik di Jalan Desa Tegal tepatnya di Jalan Kampung Nagrog menuju Kampung Bojong Sompok Dalam (BSD) berada hampir ditengah jalan sehingga akses warga agak sedikit terganggu.

Namun setelah warga mengusulkan hal pemindahan tiang listrik itu melalui pemerintah desa balasan surat dari PLN Rayon Bogor Barat menyatakan pemindahan tersebut ada biaya yang tertulis Rp. 10.327,095.

Hal itu pun sontak membuat Kepala Desa dan warga Kaget dan berpikir ulang  untuk mengeluarkan uang yang tertulis dalam surat balasan pengajuan itu yang dikeluarkan PLN.

"Warga BSD minta desa untuk memfasilitasi agar tiang listrik itu dipindah karena menganggu akses warga. Setelah disurati dan ada balasan surat kembali bahwa pemindahan itu ada biaya Rp 10 juta lebih, biaya dari mana masyarakat sebesar itu,"kata Kepala Desa Tegal, Kasim Sunardi,Kamis (22 /8/2019).

Ia pun berharap kepala PLN untuk menimbang biaya sebesar itu jika memang bener dibebankan kepada desa karena hal itu merupakan aduan dari masyarakat karena tiang listrik itu menganggu akses warga. Apalagi PLN adalah Perusahaan Listrik Milik Negara, yang seharusnya hadir ditengah tengah kesulitan rakyatnya, bukan sebaliknya ketika rakyatnya mengadukan permasalahan yang memerlukan bantuan Negara malah sebaliknya, rakyat kembali dibebani biaya mengurus fasilitas umum yang notabene tanggung jawab negara. 

"Ditambah jalan itu gelap kalau orang bawa motor nabrak kan repot juga,"kata Kasim.

Ketua RT Setempat Arif, mengatakan jika memang masyarakat dibebankan dengan biaya sebesar itu tentu masyarakat tidak akan sanggup.

"Jelas ini memberatkan kalau memang PLN butuh bantuan warga warga siap ko buat bantu pemindahan, tapi kalau dikenakan biaya apalagi hingga puluhan juta jelas warga sini akan protes,"tegasnya.

Sementara dikonfirmasi Humas PLN Bogor Raya Deni belum bisa memberikan keterangan pasti ihwal biaya itu. Ia menyarankan untuk mengkonfirmasi ke bagian teknik PLN Rayon Bogor Barat yang terletak di jalan raya Kemang Bogor, Kecamatan Kemang.

Diketahui dalam surat balasan PLN Rayon Bogor Barat ke Pemerintah Desa Tegal tertulis sesuai aturan Perusahaan surat edaran Direksi no. 237-9E/12/Dur/2011 maka untuk pelaksanaan pengerjaan memerlukan pembiayaan sebesar Rp 10.327,095,-.

 

Cep Rendra