Warga Swadaya Bangun TPS Di Batutulis.

Warga Swadaya Bangun TPS Di Batutulis.

 

NANGGUNG I fajarbogor.com Warga di dua RW, yakni RW 03 dan RW 04, Kampung Pasirgintung, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung secara swadaya membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Dengan tujuan tidak terlalu menumpuk nya sampah sampah dengan harapan bisa diangkut tepat waktu oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dilakukan secara swadaya dan bantuan dari Pemerintah desa setempat dari Alokasi Dana Desa ( ADD) sebesar lima juta rupiah.

Kegiatan tersebut yang di prakarsai paguyuban Bangun Batutulis Lestari (Babale) yang bergerak di lingkungan yaitu, Kebersihan. Menurut ketua Pemuda setempat Pulung alias Abah Dogong, mengatakan.

" Pembuatan bak penampungan sampah dengan berdiameter PXL 4X4 serta tinggi 1, 5 meter guna menampung sampah sampah sebelum diangkut pihak petugas kebersihan,"katanya.

Dijelaskannya," Sebelumnya TPS tersebut sudah pernah dibuat akan tetapi semakin banyaknya tumpukan sampah sehingga tidak bisa menampung, untuk itu kami dan warga lainnya bergotong royong membangun TPS dengan lumayan besar," terang Dogong.

Untuk itu, kata Dogong, kami menghaturkan terimakasih pada pemerintahan Desa batutulis yang sudah berpartisipasi serta pihak lainnya yang telah menundukung program sosial untuk kebersihan lingkungan," imbuhnya.

Saat dihubungi terpisah, Sekretaris Desa Batutulis Ukat Sukatma menyebutkan, " Bantuan untuk program pembuatan TPS bersumber dari ADD meski, tidak seberapa nilainya mudah mudahan bisa bermanfaat," singkatnya.

Sementara itu, (Pjs) Kepala Desa Batutulis, Ivan Crisdiana dirinya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan warganya dalam menata lingkungan.

"Untuk meningkatkan sinergitas hubungan emosional, Ivan pun berencana secepatnya akan mengundang stakeholder desa Batutulis tokoh agama, pemuda dan masyarakat guna pembahasan rencana Kedepan yang orientasinya untuk kepentingan kemajuan desa Batutulis," tutupnya.

Reporter: Arif Ekon